Penulis Utama : Apri Hartono
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2005
Judul : Peranan badan kepegawaian daerah dalam penegakan disiplin pegawai negeri sipil di pemerintah kota Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Hukum UNS - 2005
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.E0001069-2005
Subyek : MANAJEMEN PERSONALIA
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Pegawai Negeri merupakan salah satu perlengkapan tata usaha negara yang diangkat dan digaji oleh pemerintah unutk melaksanakan tugas-tugas tertentu negara yang berdasarkan peraturan yang telah dibuat dan ditetapkan oleh Negara. Dengan ini Pegawai Negeri sudah tentu mempunyai tanggung jawab untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang mengaturnya. Salah satu peraturan perundang-undangan yang mengatur mengenai kewajiban dan larangan serta sanksi yang diberikan jika kewajiban tersebut telah dilaksanakan dan larangan tersebut dilanggar yaitu Peraturan Pemerintah No. 30 tahun 1980 tentang disiplin Pegawai Negeri Sipil namun penegakan disiplin bagi Pegawai Negeri Sipil masih lemah meskipun sudah ada peraturan yang mengaturnya.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memperoleh gambaran secara jelas mengenai Peranan Badan Kepegawaian Daerah di dalam rangka penegakan disiplin Pegawai Negeri Sipil di Pemerintah Surakarta dan berbagai macam solusi untuk mengatasi hambatan-hambatan tersebut.

Jenis penelitian yang dilakukan penulis di Badan Kepegawaian Daerah di Pemkot Surakarta bersifat deskriptif yaitu penelitian yang mengumpulkan data-data yang berupa huruf, gambar dan bukan angka-angka, sehingga dalam hal ini akan digambarkan dan dipaparkan mengenai peranan Badan Kepegawaian Daerah dalam penegakan disiplin Pegawai Negeri Sipil di Pemkot Surakarta dan hambatan-hambatan dalam penegakan disiplin terhadap PNS serta solusi-solusi untuk mengatasi hambatan tersebut. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder dengan teknik pengumpulan data melalui studi kepustakaan dan lapangan (wawancara). Adapun teknik analisa data yang digunakan adalah teknik analisa kualitatif interaktif.

Badan Kepegawaian Daerah di Pemkot Surakarta mempunyai peran terhadap bidang administratif dalam penegakan disiplin Pegawai Negeri Sipil. Hal yang dilakukan dengan upaya-upaya penegakan disiplin xeperti inspeksi mendadak dan pembinaan unit-unit kerja serta melakukan pemanggilan, pemeriksaan dan melaporkan hasil pemeriksaan tersebut kepada Walikota lewat Sekda, sedangkan Badan Kepegawaian Daerah menunggui hasil keputusan tentang penjatuhan sanksi hukuman disiplin dari Walikota untuk dijalankannya. Hal-hal yang menghambat penegakan disiplin PNS adalah lingkungan dimana para PNS tersebut bekerja tidak dapat mendukung penegakan disiplin dan hambatan psikologis yang dialami oleh pegawai di Badan Kepegawaian Daerah Pemkot Surakarta. Berbagai macam solusi untuk mengatasi hambatan tersebut berupa pendidikan, monitoring, konseling, follow-up dan tindakan korektif.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. DR. Adi Sulistyono, S.H., M.Hum.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum