Penulis Utama : Nur Eko Wati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2005
Judul : Evaluasi penerimaan pajak bumi dan bangunan (PBB) tahun anggaran 2001-2004 di Kantor Pelayanan Pajak Bumi dan Bangunan Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2005
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F3402048-2005
Subyek : PAJAK BUMI DAN BANGUNAN
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Latar belakang dari permasalahan ini adalah bahwa penerimaan dari sektor pajak merupakan salah satu sumber penerimaan negara yang cukup dominan. Penerimaan pajak dari tahun ke tahun selalu mengalami peningkatan.  Penerimaaan dari sektor pajak merupakan penerimaan yang menjadi pilihan utama dalam membiayai pembangunan nasional. Sebagaimana diamanatkan dalam GBHN tahun anggaran 1999-2004 yaitu supaya bangsa Indonesia berusaha untuk mandiri dalam pembiayaan negara dan pembangunan nasional. Pajak bumi dan Bangunan memberikan kontribusi yang besar terhadap penerimaan negara. Penerimaan PBB akan selalu meningkat setiap tahunnya. Hal ini dilihat dari nilai tanah yang selalu meningkat. Selain itu pula banyaknya pembangunan yang dilakukan oleh masyarakat.

            Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan penerimaan pajak dari tahun ke tahun khususnya dari tahun 2001-2004, mengetahui seberapa efektifkah usaha KP PBB dalam mengotimalkan penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan, serta untuk mengetahui  hambatan yang menjadi kendala dalam pemungutan pajak dan dapat menemukan solusi atas hambatan yang ada tersebut.

            Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis dapat ditarik kesimpulan bahwa penerimaan pajak di KP PBB Surakarta belum efektif. Hal ini dilihat dari tidak tercapainya target penerimaan dan rata-rata penerimaan selama empat tahun terakir sebasar 2,28% dibawah target yang ditetapkan.

            Saran yang dapat diberikan untuk mengoptimalkan penerimaan pajak khususnya Pajak Bumi dan Bangunanan adalah dengan terus mengadakan penggalian potensi PBB,  aparat pemungut bekerjasama dengan pihak lain dalam rangka mengoptimalkan penerimaan pajak. Selain itu KP PBB selalu memantau keakuratan data yang dimiliki dan meningkatkan profesionalisme aparatur pajak.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Dra. Hj. Rahmawati, M.Si.,Ak.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis