Penulis Utama : Hastri Kartika Utami
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2005
Judul : Peramalan permintaan jenis timbangan dacin Tahun 2005-2006 pada perusahaan Timbangan “SSS” Surakarta.
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi - 2005
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi F 3502110
Subyek : RAMALAN PENJUALAN
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kegiatan, penyusunan, dan pengaruh ramalan permintaan pada pengembangan produk dan sistem distribusi bagi Perusahaan Timbangan "SSS" Surakarta, mengingat semakin tingginya persaingan terlebih lagi menjelang era perdagangan bebas. Perusahaan mempunyai kemampuan untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang berkualitas yang diharapkan bisa tetap eksis pada masa-masa mendatang. Dalam penelitian ini diambil satu macam jenis timbangan yang paling banyak dipesan konsumen dan permintaannya relative kontinyu dibandingkan dengan jenis timbangan yang lain.

Penulis meneliti ini bertujuan untuk mengetahui ramalan jumlah permintaan jenis timbangan Dacin bagi konsumen dan mengetahui metode apa yang pas atau paling sesuai untuk melakukan peramalan. Hasil ramalan ini diharapkan dapat membantu perusahaan dalam mengambil keputusan usahanya. Langkah awal sebelum memilih dan melakukan peramalan terlebih dahulu harus mengetahui jenis data yang akan diolah, data dapat berupa data konstan atau acak. Untuk mengetahui jenis data tersebut, terlebih dahulu dihitung dengan autokorelasinya. Apabila hasil penghitungan menunjukkan angka yang mendekati nol maka dapat disimpulkan datanya bersifat konstan, sedangkan jika hasilnya tidak menunjukkan angka nol maka data tersebut sifatnya tidak stasionel atau disebut acak.

Dari hasil perhitungan diperoleh hasil bahwa data yang diperoleh bersifat konstan. Metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah metode trend linier dan metode regresi linier. Hasil dari analisis menunjukkan dengan metode trend diperoleh MAD sebesar 276.8873, MSE sebesar 106192.2 sedangkan dengan metode regresi linier diperoleh MAD sebesar 143.86519 atau 143.8652, MSE sebesar 3430.4, maka metode regresi linier lebih baik hasilnya untuk meramalkan target permintaan karena menghasilkan penyimpangan terkecil dibandingkan metode trend linier.

Berdasarkan penghitungan tersebut maka diajukan saran kepada perusahaan untuk menggunakan ramalan permintaan agar perusahaan dapat memperkirakan berapa jumlah barang yang diproduksi pada tahun 2005-2006, sehingga kuantitas produk dapat bertambah.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Heru Agustanto, SE, ME
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis