Penulis Utama : Anik Widyastuti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2005
Judul : Penerapan metode forecast penjualan dalam penyusunan anggaran penjualan PT Koesoema Nanda Putra.
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi - 2005
Kolasi : 38 hal.; ilus., tab.: 4 inci.
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi F 33302505
Subyek : RAMALAN PENJUALAN
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

PT Kosoema Nanda Putra adalah perusahaan yang bergerak dibidang tekstil, yang mana belum menggunakan sistem penganggaran termasuk didalamnya anggaran penjualan.

Tujuan penelitian adalah sebagai bahan pertimbangan dalam menyusun anggaran penjualan, dengan menggunakan metode forecast penjualan. Forecast penjualan sangat penting bagi perusahaan, untuk menaksir atau meramal penjualan yang akan datang. Metode yang digunakan dalah metode setengah rata-rata, metode moment, dan metode least square. Ketiga metode tersebut memiliki cara perhitungan yang berbeda dan nilai trend yang berbeda.

Penelitian juga menggunakan metode Standar Kesalahan Peramalan (SKP), untuk menentukan apakah peramalan yang telah disusun dengan ketiga metode tersebut, telah mendekati realisasi penjualan. Hasil perhitungan SKP menunjukkan bahwa metode least square memiliki nilai SKP yang paling kecil. Hal ini menunjukkan bahwa metode least square lebih tepat digunakan untuk peramalan, daripada metode moment dan metode setengah rata-rata.

Berdasarkan hasil temuan, menunjukkan bahwa peramalan dengan metode kuantitatif saja kurang dapat dipercaya, tetapi penggunaan metode kualitatif saja juga dianggap kurang bijaksana. Sehingga dapat dikatakan bahwa forecasting menghendaki perpaduan antara metode kuantitatif sebagai alat primer, dan metode kualitatif sebagai pelengkap.

Selain itu, peramalan dengan statistik akan lebih lengkap bila menggunaka analisis korelasi, yang dipakai untuk mencari hubungan pola penjualan dengan faktor-faktor lain.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Muhammad Syafiqurrahman SE, Ak.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis