Penulis Utama : Angga Dhanu Winata
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2005
Judul : Peranan freight forwarizer company dalam pelaksanaan kegiatan eksport melalui via laut (EMKL)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi - 2005
Kolasi : 92 hal.; ilus., lamp.: 4 inci.
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi F 3102007
Subyek : ANGKUTAN LAUT
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan penulisan laporan tugas akhir ini adalah untuk memperoleh gambaran yang lebih mendalam dan pemahaman mengenai peranan Freight forwarder Company dalam pelaksanaan kegiatan ekspor melalui via laut (EMKL), oleh karena itu untuk memenuhi kebutuhan manusia, maka suatu negara harus dapat menjalin hubungan dan kerja sama yang baik dengan negara-negara lain antara lain dengan hubungan perniagaan. Untuk menjamin hubungan itu agar terus berlangsung maka diperlukan suatu sarana tempat penimbunan dan sarana angkutan yang sangat berguna dan bermanfaat untuk memperlancar kegiatan arus distribusi barang-barang perniagaan untuk sampai pada tujuan tertentu baik melalui darat, laut dan udara. Untuk meningkatkan arus barang dan jasa diperlukan peranan perusahaan pengurus jasa kepabeanan yang dimiliki oleh Freight Forwarder Company melalui via laut (EMKL), hal tesebut untuk menertibkan serta memudahkan perusahaan EMKL dalam melakukan prosedur pengeluaran baik barang ekspor maupun barang impor serta perorangan untuk melakukan prosedur pengurusan dokumen barang dan jasa untuk menunjang kegiatan ekonomi.

Dalam penelitian ini dipergunakan metode studi kasus yaitu mengambil satu obyek tertentu untuk dianalisa secara mendalam dengan memfokuskan pada satu masalah. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Data primer dikumpulkan melalui wawancara secara langsung dengan pihak PT Agis Aweca dalam hal ini bagian Division Forwarding, EMKL dan Dokumen Eksport dan Impor. Sedangkan data sekunder diperoleh dari buku maupun sumber bacaan yang lain.

Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa peranan freight forwarder company dalam pelaksanaan kegiatan eksport dan import melalui via laut (EMKL) pada PT Agis Aweca masih ada sedikit hambatan-hambatan yang dihadapi yaitu kurangnya mutu pelayanan serta sarana prasarana dan masih adanya keterlambatan dan ketimpangan dalam pelaksanaan kelancaran arus barang maupun hambatan-hambatan yang lain.

Maka saran yang dapat diajukan hendaknya PT Agis Aweca membenahi diri dengan meningkatkan kemampuan mutu pelayanan serta sarana dan prasarana guna menunjang perusahaan jasa yang dijalani agar dapat memenangkan order dari kompetitor-kompetitor yang ada serta pengurusan transportasi dapat dipahami dan dilaksanakan dengan sadar maka keterlambatan dan ketimpangan tidak akan terjadi dan kelancaran arus barang baik ekspor maupun impor dapat berjalan dengan baik sehingga PT Agis Aweca dapat berfungsi sebagai dinamisator dan stabilisator pelayanan jasa via laut dalam kegiatan ekspor.

File Dokumen : Tidak ada file dalam dokumen ini.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Drs. Guntur Riyanto, M. Si.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis