Penulis Utama : Dewi Sukriya
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2005
Judul : Peranan surat keterangan asal (SKA) Form dalam percepatan perdagangan bebas di Kawasan ASEAN pada DISPERINDAGKOP dan PM Kabupaten Sukoharjo
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi - 2005
Kolasi : 60 hal.; ilus., tab.: 4 inci.
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi F 3102015
Subyek : PERDAGANGAN BEBAS
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan penulisan Tugas Akhir ini adalah untuk memperoleh gambaran lebih mendalam mengenai peranan Surat Keterangan Asal Barang, khususnya SKA form "D" atau yang disebut ASEAN Cammon Effective Preferential Tariff of Shcema Certificate of Origin Form D dalam rangka percepatan pelaksanaan kesepakatan AFTA (Asean Free Trade Area) di kawasan regioanal Asia Tenggara dengan pengenaan tarif yang mengandung asas kesamaan dan pengenaan bea masuk yang seimbang.

Metode penelitian yang digunakan adalah observasi langsung di lapangan, yakni pengamatan langsung melalui magang kerja selama kurang lebih dua bulan pada Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Penanaman Modal Kab. Sukoharjo. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data primer diporoleh melalui wawancara langsung dengan pejabat yang berwenang meneliti dan menerbitkan SKA Form "D" di Disperindagkop dan PM Kab. Sukoharjo, sedangakan data sekunder diperoleh melalui berbagai sumber literatur dan kepustakaan yang relevan dengan masalah penelitian.

Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa peran ASEAN Cammon Effective Preferential Tariff of Shcema Certificate of Origin Form D mempunyai peran yang sangat strategis dalam percepatan perdagangan bebas dikawasan ASEAN, karena produk-produk yang tergolong cakupan CEPT-AFTA yang mendasari terbentuknya SKA Form "D", mengharuskan negara-negara anggota ASEAN nengenakan tarif sebesar 0-5 % untuk produk cakupan CEPT-AFTA tersebut. Dalam penelitian ini juga menganalisa dan membahas bagaimana cara pengisian dan penerbitan SKA Form "D" di Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Penanaman Modal Kab. Sukoharjo. Diharapkan hasil penelitian ini dapat memberikan kontri busi yang positif dagi pihak-pihak yang membutuhkan.

Saran yang dapat diajukan adalah agar sosialisasi dan pembinaan terhadap dunia usaha akan keberadaan ASEAN Cammon Effective Preferential Tariff of Shcema Certificate of Origin Form D dapat dioptimalkan, karena akan mempercepat proses perdaganagn bebas antar negara ASEAN dengan pengenaan tarif yang hanya 0-5 % dan diharapkan dapat menambah cakrawala ilmu pengetahuan khususnya di bidang Perdagangan Internasional dalam rangka menyiapkan SDM untuk menghadapi globalisasi dan pasar bebas.

File Dokumen : Tidak ada file dalam dokumen ini.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Drs. Hari Murti. M. Si.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis