Penulis Utama : Deny Christianto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2005
Judul : Analisis manajemen mutu produk jadi PT. JATI AGUNG ARSITAMA Sukoharjo.
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi - 2005
Kolasi : 63 hal.; ilus., tab.: 4 inci.
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM. F3102069
Subyek : MANAJEMEN PRODUKSI
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan utama penulis dari penulisan tugas akhir ini adalah untuk mengetahui gambaran yang pasti tentang sistem standarisai mutu barang ekport yang dijalankan oleh PT JATI AGUNG ARSITAMA SUKOHARJO, perusahaan tersebut berorientasi pada perdagangan luar negeri untuk produk furniture, dan juga faktor-faktor yang menjadi dasar dalam melakukan penerapan manajemen mutu di perusahaan.

Dalam mengantisipasi ketidakpastian dimasa yang akan datang, diperlukan suatu penilaian terhadap manajemen mutu perusahaan. Adanya penilaian manajemen mutu dimaksudkan agar sedapat mungkin perusahaan menyadari kemungkinan-kemungkinan buruk yang terjadi dimasa yang akan datang dan menemukan cara untuk menyiasatinya sejak saat ini. Ada dua macam kegagalan yang akan menyebabkan terjadinya kebangkrutan, yaitu kegagalan ekonomi dan kegagalan keuangan. Kegagalan ekonomi suatu perusahaan dikaitkan dengan ketidakseimbangan antara pendapatan dengan pengeluaran yang diakibatkan kurang mampunya perusahaan tersebut bersaing dengan perusahaan lain karena kurang berkembangnya manjemen mutu yang diterapkan dalam perusahaan tersebut. Sementara itu, sebuah perusahaan dikategorikan bangkrut keuangannya jika perusahaan tersebut tidak mampu membayar karyawannya dan tidak mampu berproduksi lagi karena tidak menerapkan manajemen mutu yang baik dalam perusahaan tersebut.

Adapun jenis penelitian yang dilakukan adalah dengan melakukan magang kerja pada PT JATI AGUNG ARSITAMA SUKOHARJO dan Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus, yaitu mengambil satu obyek tertentu untuk dianalisis secara mendalam dengan memfokuskan pada masalah tertentu. Jenis data yang digunakan adalah Data Kualitatif, data kualitatif yaitu data yang diperoleh dari proses pengamatan, data tersebut dapat berupa kata-kata dan gambar, yang dalam penyajiannya data tersebut dibuat secara deskripsi untuk memberikan gambaran hasil penelitian. Sedangkan sumber data diperoleh dari sumber data primer dan sekunder. Data primer adalah data yang diperoleh langsung dari sumbernya, data ini diperoleh dengan cara wawancara langsung dengan pihak PT JATI AGUNG ARSITAMA SUKOHARJO. Sedangkan data sekunder adalah data yang diperoleh dari sumber lain yang berkaitan dengan penelitian, data ini diperoleh dengan membaca sumber bacaan lainnya

Berdasarkan hasil penelitian yang diterapkan didalam penulisan ini dapat disimpulkan bahwa perusahaan tidak akan bisa berkembang dengan baik jika

tidak menerapkan manajemen mutu yang baik di dalam perusahaannya, paling tidak perusahaan menerapkan standarisasi mutu yang jelas sehingga mampu bersaing dengan perusahaan lain, serta memunculkan inovasi-inovasi baru sehingga tidak menimbulkan kejenuhan terhadap karyawan didalam mengerjakan suatu pekerjaan, karyawan dapat mampu membantu memunculkan ide-ide baru dan dapat menambah pengalaman dan pengetahuan mereka. Berdasarkan hasil tersebut, maka penulis mengajukan saran-saran yaitu: perusahaan sebaiknya menerapkan manajemen mutu yang baik dan meningkatkan standarisasi produk. Hal ini dilakukan untuk menjaga agar buyer di luar negeri tetap terkesan dan tidak merasa dikecewakan perusahaan. Selain itu, perusahaan harus mampu meningkatkan volume penjualan tiap tahunnya dengan cara lebih mengintensifkan bagian Pemasaran untuk melakukan promosi ke setiap instansi baik itu pemerintah maupun swasta agar mendapatkan order dari instansi tersebut.

File Dokumen : Tidak ada file dalam dokumen ini.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Soemardi, S.E.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis