Penulis Utama : Satriyo Pinandito
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2004
Judul : Perbedaan Pengaruh Stress Psikososial Terhadap Timbulnya Vertigo Antara Pria Dan Wanita
Edisi : -
Imprint : Surakarta - FKUNS - 2004
Kolasi : iv: 23 hal. Illus, tab, lamp. : 24 X 28 Cm.-
Sumber : UNS-F. Ked. NIM.G0099132, 2004
Subyek : PENYAKIT SYARAF
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Satriyo Pinandito, G0099132, 2005, PERBEDAAN PENGARUH STRESS PSIKOSOSIAL TERHADAP TIMBULNYA VERTIGO ANTARA PRIA DAN WANITA. Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Stress psikososial adalah setiap keadaan atau peristiwa yang menyebabkan perubahan dalam kehidupan seseorang sehingga orang itu terpaksa mengadakan adaptasi atau penyesuaian untuk menanggulanginya. Stress psikososial merupakan salah satu penyebab timbulnya vertigo psikogenik, dengan proses gangguan psikosomatis. Pada pria dan wanita terdapat perbedaan-perbedaan fisiologis. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui perbedaan kejadian vertigo antara pria dan wanita yang disebabkan oleh stress psikososial.

Jenis penelitian adalah analitik dengan pendekatan cross sectional dimana teknik sampling yang digunakan adalah incidental nonrandom sampling. Besar sampel sebanyak 40 penderita, dengan pembagian 20 pria dan 20 wanita. Subyek penelitian diambil dengan kriteria tertentu. Pengambilan data dilakukan dengan skala Holmes Rahe dan kuesioner. Analisis data dilakukan dengan Uji Chi-Squere.

Dari penelitian didapatkan bahwa pada pria, 9 orang (45%) termasuk penderita vertigo psikogenik dan 11 orang (55%) termasuk dalam kelompok vertigo organik / nonvertigo. Sedangkan pada wanita, 13 orang (65%) termasuk penderita vertigo psikogenik dan 7 orang (35%) termasuk dalam kelompok vertigo organik / nonvertigo. Hasil analisis Chi-Squere didapatkan X2 hitung adalah 1,62. Angka ini lebih kecil dari harga tabel untuk taraf signifikansi 5% yaitu sebesar 3,84.

Kesimpulan penelitian ini adalah tidak ada perbedaan yang bermakna pada kejadian vertigo antara pria dan wanita yang disebabkan oleh stress psikososial.

Kata kunci : Stress psikososial – Jenis Kelamin -Vertigo

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Suratno, dr., Sp.S
2. Yoseph Indrayanto, dr.,S.H,MS.,Sp.And
Catatan Umum : tidak ada
Fakultas : Fak. Kedokteran