Penulis Utama : Bintang Bestari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2005
Judul : Pengaruh Mengunyah Buah Apel Terhadap Perubahan pH Saliva
Edisi : -
Imprint : Surakarta - FKUNS - 2005
Kolasi : ix: 36 hal. Illus, tab. Lamp : 24 X 28 Cm.
Sumber : UNS F.Kedokteran NIM G0001065, 2005
Subyek : GIGI & MULUT
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Bintang Bestari, G0001065, 2005. Pengaruh Mengunyah Buah Apel Terhadap Perubahan pH Saliva

Saliva merupakan salah satu faktor dalam pencegahan karies gigi, kelainan periodontal dan penyakit mulut lainnya. Saliva dapat melindungi jaringan dalam rongga mulut dengan mempertahankan pH saliva tetap normal. Perubahan pH saliva dipengaruhi oleh kecepatan sekresi saliva dan diet Apel adalah salah satu bentuk diet yang dapat mempengaruhi pH saliva. Kandungan serat dan asam dari apel dapat merangsang kecepatan sekresi saliva sehingga pH saliva juga meningkat namun kandungan gula dan pH yang terlalu rendah (pH 4) dari apel dapat menyebabkan penurunan pH saliva. Rumusan masalah pada penelitian ini: “Apakah ada pengaruh mengunyah buah apel terhadap perubahan pH saliva?”. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah ada pengaruh mengunyah buah apel terhadap perubahan pH saliva.

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental kuasi dengan mengambil lokasi di Fakultas Kedokteran UNS pada bulan  November 2004-Januari 2005. Sampel pada penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Kedokteran UNS yang dipilih dengan purposive random sampling. Instrumentasi penelitian ini menggunakan kuesioner, indikator pH universal dan tempat ludah. Jenis apel yang digunakan adalah apel Royal Gala. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji ANOVA kemudian dilanjutkan dengan uji LSD. Perhitungan ini dilakukan dengan SPSS 13.0

Dari perhitungan dengan uji ANOVA dengan α=0,05 didapatkan F hitung (39,171) lebih besar dari F tabel (2,68) sedangkan dari perhitungan uji LSD didapatkan bahwa terdapat perbedaan yang bermakna antara pH saliva awal dan menit ke-1, pH saliva menit ke-1 dan menit ke-5, pH saliva menit ke-5 dan menit ke-15 namun tidak ada perbedaan yang bermakana antara pH saliva awal dan menit ke-15.

Penelitian ini menyimpulkan bahwa ada pengaruh mengunyah buah apel terhadap perubahan pH saliva yaitu pH saliva menjadi lebih basa pada menit ke-1 setelah makan apel kemudian turun pada menit ke-5 namun tetap lebih tinggi dari pH awal dan setelah 15 menit pH saliva normal kembali.

 

 

 


Kata kunci : Apel, pH saliva

 

File Dokumen : Tidak ada file dalam dokumen ini.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Harto Sumari, drg.,
2. Andri Iryawan, dr., SpAnd., MS
Catatan Umum : Tidak ada
Fakultas : Fak. Kedokteran