Penulis Utama : Ika Marutha
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2005
Judul : Perbedaan Emotional Quotient Pada Siswa Laki-Laki Dan Perempuan Di SMU Negeri III Surakarta
Edisi : -
Imprint : Surakarta - FKUNS - 2005
Kolasi :
Sumber : UNS, F. Kedokteran, 2005
Subyek : PENYAKIT JIWA
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

 

Ika Marutha, G0000092, Perbedaan Emotional Quotient pada Siswa Laki-laki dan Perempuan di SMU N III Surakarta

Jenis penelitian ini adalah penelitian analitik observasional dengan pendekatan cross sectional. Laki-laki dan perempuan memiliki perbedaan secara fisik biologis dan psikologis. Rasa percaya diri dan penghargaan terhadap diri sendiri pada siswa perempuan secara umum didapatkan lebih rendah daripada siswa laki-laki. Siswa laki-laki juga lebih memiliki kemampuan untuk menyesuaikan diri dibandingkan dengan siswa perempuan, sehingga diharapkan ada perbedaan emotional quotient diantara siswa perempuan dan laki-laki.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah perbedaaan EQ antara siswa laki-laki dan perempuan di SMU N III Surakarta.

Subyek penelitian ini adalah  15 siswa laki-laki  dan 15 siswa perempuan dengan usia antara 17 sampai 19 tahun  di SMU N III Surakarta yang bukan pemakai narkoba, tidak memiliki stressor psikososial tinggi, dan bebas dari cacat tubuh serta penyakit fisik yang berat atau menahun.

Dari pengolahan uji  statistik dengan SPSS 11.0 for windows menggunakan Independent Samples T Test, terbukti bahwa siswa laki-laki secara bermakna mempunyai EQ lebih tinggi dari siwa perempuan (t hitung = 3,984 p < 0,05).

 

Kata kunci: jenis kelamin, emotional quotient.

File Dokumen : Tidak ada file dalam dokumen ini.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. dr. H. Aris Sudiyanto, Sp.Kj
2. Drs. Bagus Wicaksono, Msi,
Catatan Umum : Tidak ada
Fakultas : Fak. Kedokteran