Penulis Utama : Busono Budiyono
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2004
Judul : Analisis Faktor-Faktor Penentu Pemberian Kupedes (Studi Kasus Pada PT. BRI Unit Di Wilayah Kabupaten Karanganyar Tahun 2003)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Universitas Sebelas Maret - 2004
Kolasi : 89 Hal.: ilus.;tab.;
Sumber : UNS-F.Ekonomi NIM.F.1101009-2004
Subyek : KREDIT PERTANIAN
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Kredit Umum Pedesaan (Kupedes) merupakan salah satu fasilitas kredit yang disediakan BRI Unit, bertujuan untuk mengembangkan atau meningkatkan usaha kecil yang layak. Kupedes yang akan diberikan kepada debitur ditentukan dari hasil analisis kredit perbankan, baik secara kualitatif maupun kuantitatif. Permasalahan dalam penelitian ini mengkaji beberapa faktor penentu pemberian Kupedes pada PT. Bri Unit Di Wilayah Kabupaten Karanganyar Tahun 2003. Faktor-faktor penentu pemberian Kupedes dibatasi pada faktor faktor agunan, pendapatan, pengalaman usaha dan frekuensi pengambilan kredit. Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh agunan, pendapatan, pengalaman usaha dan frekuensi pengambilan kredit terhadap jumlah pemberian Kupedes yang akan diterima debitur pada PT. BRI Unit di Wilayah Kabupaten Karanganyar dan untuk mengetahui perbedaan pola pemberian Kupedes antara sektor pertanian dan bukan pertanian.

Penelitian ini dilakukan pada PT. BRI (Persero) Unit di Wilayah Kabupaten Karanganyar dengan menggunakan sampel sebanyak 70 responden yang diambil dengan menggunakan teknik Proportional Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda, uji statistik yaitu uji t, uji F, uji koefisien determinasi dan uji penyimpangan asumsi klasik yang terdiri dari uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas dan uji autokorelasi.

Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan 1) Hasil uji pengaruh secara bersama-sama dengan uji F menunjukkan bahwa variabel agunan, pendapatan, pengalaman usaha, frekuensi pengambilan kredit dan sektor usaha secara bersama-sama berpengaruh secara signifikan terhadap jumlah pemberian Kupedes pada BRI Unit Kabupaten Karanganyar pada tingkat kepercayaan 95%. 2) Hasil uji pengaruh secara sendiri-sendiri dengan uji t menunjukkan bahwa variabel agunan, pendapatan, pengalaman usaha, berpengaruh secara signifikan terhadap jumlah pemberian Kupedes pada BRI Unit Kabupaten Karanganyar pada tingkat kepercayaan 95%. Sedangkan variabel frekuensi pengambilan kredit dan sektor usaha tidak signifikan. 3) Hasil koefisien determinasi diperoleh nilai R2 sebesar 0,589 berarti sekitar 58,9% variasi yang terjadi pada variabel jumlah pemberian Kupedes dapat dijelaskan oleh variabel independen (agunan, pendapatan, pengalaman usaha, frekuensi pengambilan kredit dan sektor usaha) secara bersama-sama.

Saran-saran yang diajukan dalam penelitian ini 1) mengingat nilai agunan memberikan pengaruh yang sangat besar terhadap jumlah pemberian Kupedes, diharapkan pengusaha/debitur untuk meningkatkan nilai agunannya sehingga memperoleh kesempatan untuk memperoleh jumlah Kupedes yang lebih besar. 2) untuk meningkatkan jumlah pemberian Kupedes, pengusaha/debitur diharapkan mengoptimalkan keuntungan. Hal ini dikarenakan BRI Unit akan menganalisis kondisi keuangan debitur termasuk di dalamnya tingkat rentabilitas. Untuk meningkatkan keuntungan, di samping meningkatkan penjualan diharapkan pengusaha mampu mengelola biaya-biaya dengan efisien. 3) bagi debitur/calon debitur yang telah berpengalaman untuk tetap meningkatkan kemampuan usahanya guna mencapai kesuksesan usaha yang berkelanjutan. Sedangkan bagi pengusaha yang merasa masih minim pengalaman, dapat belajar dari kegagalan yang pernah dialami dan belajar melalui pengalaman orang lain yang telah sukses. 4) dalam memutuskan kredit (Kupedes) pihak BRI Unit khususnya di wilayah Karanganyar untuk tetap menerapkan prinsip prudential banking secara efektif. Hal ini dikarenakan kredit macet masih menjadi masalah yang sulit diatasi.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Drs. Mulyanto, ME
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis