Penulis Utama : Arif Aryoso Basuki
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2004
Judul : Evaluasi Proyek Pembangunan Paviliun Cendana Rumah Sakit Umum Daerah Dr. MOewardi Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Universitas Sebelas Maret - 2004
Kolasi : 75 Hal.: ilus.;tab
Sumber : UNS-F.Ekonomi NIM.F0199002-2004
Subyek : MANAJEMEN EVALUASI PROYEK
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakkan proyek Pembangunan Paviliun Cendana RSUD Dr.Moewardi Surakarta dari sisi ekonominya serta pengaruhnya terhadap kesejahteraan masyarakat. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi dan referensi bagi lembaga-lembaga penelitian dan bagi Pemerintah Propinsi Jawa Tengah sebagai masukkan dan pertimbangan untuk proyek-proyek serupa dikemudian hari. Hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah “Proyek Pembangunan Paviliun Cendana RSUD Dr. Moewardi Surakarta menguntungkan” dan “Proyek Pembangunan RDUS Dr. Moewardi Surakarta berhasil meningkatkan kesejahteraan (pendapatan riil) masyarakat”.

Berdasarkan tujuan dan hipotesis penelitian, digunakan alat analisis kelayakkan investasi berupa: Net Present Value, Internal Rate of Return, Benefit-Cost Ratio(B/C ratio), Profitability ratio (PV/K), Payback Periods, Analisis Sensitifitas, dan Analisis Kesejahteraan masyarakat.

Evaluasi kelayakan proyek dengan alat analisis yang telah dipilih dengan tingkat bunga 12%, diperoleh NPV sebesar –5.041.302.000; IRR sebesar 7,8%; B/C ratio sebesar 0,9%; PV/K sebesar 0,5; Payback Periods tidak terjadi selama umur ekonomis proyek; Analisis Sensitifitas diketahui, jika terdapat kenaikkan biaya operasional 10% diatas perkiraan, maka akan menurunkan NPV sebesar 121% dari NPV semula, sedangkan bilamanfaat langsung turun 10% di bawah perkiraan, akan menurunkan NPV sebesar 52% dari NPV semula. Pengaruh proyek tersebutterhadap tingkat kesejahteraan masyarakat cukup signifikan, karena adanya proyek bisa meningkatkan total rata-rata laba pedagang.

Di sekitar kawasan RSUD Dr. Moewardi Surakarta, sebesar Rp.110.520.000,- per tahun.

            Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa Proyek Pembangunan Paviliun Cendana Rumah Sakit Umum Daerah DR. Moewardi Surakarta secara ekonomis tidak layak. Namun di sisi lain, dapat meningkatkan pendapatan riil masyarakat (pedagang di sekitar kawasan RSUD Dr. Moewardi). Adapun saran yang penulis ajukan dari hasil penelitian ini, yaitu: (1) Perlunya mengetahui biaya-biaya operasional Paviliun Cendana, khususnya yang masih merupakan  joint cost, seperti biaya sarana umum secara tepat. (2) Perlunya mengetahui pendapatan-pendapatan Paviliun Cendana yang lain, selain pendapatan langsung dari jasa layanan rawat inap dan rawat jalan, seperti: pendapatan dari jasa penunjang medik. (3) Perlunya menghitung secondary benefit secara lebih luas dari adanya proyek tersebut. (4) Perlunya menghitung biaya satuan operasional Pavilun Cendana.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis