Penulis Utama : Emy Yuslimah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2005
Judul : Analisis faktor marketing mix yang dipertimbangkan konsumen dalam memilih lembaga pendidikan komputer
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak..Ekonomi - 2005
Kolasi : xiv. 113 hal.: ilus., tab., lamp.; 4 inci.
Sumber : UNS-Fak.Ekonomi NIM.F 1203025
Subyek : MANAJEMEN PEMASARAN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Masalah yang hendak di cari jawabannya dalam penelitian ini adalah (1) Apakah faktor marketing mix menjadi pertimbangan konsumen dalam memilih lembaga pendidikan komputer MADCOMS Madiun, (2) Faktor marketing mix apa yang paling dominan dipertimbangkan konsumen dalam memilih lembaga pendidikan komputer MADCOMS Madiun. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk menguji apakah faktor marketing mix menjadi pertimbangan konsumen dalam memilih lembaga pendidikan komputer MADCOMS Madiun dan untuk menguji faktor marketing mix yang paling dominan dipertimbangkan konsumen dalam memilih lembaga pendidikan komputer MADCOMS Madiun. Sehubungan dengan masalah tersebut diatas diajukan hipotesis sebagai berikut: (1) faktor-faktor marketing mix merupakan faktor-faktor yang dipertimbangkan konsumen dalam memilih lembaga pendidikan komputer MADCOMS. (2) faktor product, promotion, dan place dalam marketing mix tersebut merupakan faktor yang paling dominan dipetimbangkan konsumen dalam memilih lembaga pendidikan komputer MADCOMS.

Sehubungan dengan masalah tersebut dan hipotesis yang diajukan maka penelitian ini dilaksananakan dengan menggunakan metode survei. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebar kuisioner dan wawancara. Metode pengambilan sampel yang digunakan yaitu Purposive sampling yang digunakan apabila sampel sudah jelas diketahui, dengan mengambil orang-orang yang terpilih betul oleh peneliti menurut ciri-ciri khusus yang dimiliki oleh sampel itu. Ciri-ciri khusus tersebut yaitu: (1) konsumen/siswa LPK MADCOMS yang masih aktif pada saat penelitian dilakukan yaitu dari bulan Mei sampai bulan Juni 2005, (2) konsumen/siswa LPK MADCOMS yang sudah menjalani masa pendidikan selama minimal dua bulan. Sampel yang diambil sebanyak 100 orang dari jumlah populasi 496 orang. Data yang diperoleh kemudian di analisis dengan menggunakan analisis faktor.

Dari hasil analisis faktor, didapat enam faktor yang terbentuk. Kemudian variabel-variabel yang ada dengan rotasi varimax, dikelompokkan ke dalam tiap-tiap faktor yang sesuai dengan nilai faktor loadingnya, dan ternyata ada dua variabel yang faktor loadingnya < 0,5 yaitu variabel performance alumni (x5) dan komunikasi (x11). Selanjutnya variabel tersebut dikeluarkan dari model. Akhirnya dari 20 variabel yang dipakai dalam penelitian ini, setelah dilakukan analisis faktor ternyata pada hasil akhirnya hanya ada 18 variabel yang terkelompok dalam 6 faktor. Faktor-faktor yang menjadi pertimbangan siswa / konsumen Lembaga Pendidikan Komputer MADCOMS Madiun antara lain: faktor ke 1; product dan promotion, variabel yang termasuk didalamnya faktor adalah program pendidikan (x1), materi (x2), teknologi / media pendidikan (x3), biaya pendaftaran (x6), publikasi (x10) staff pengajar / tentor (x15) dan fasilitas pendukung (x19). Faktor ke 2; price dan process, faktor ini terdiri dari biaya perlengkapan (x7), biaya pendidikan (x8) dan mekanisme pelayanan (x17). Faktor ke 3; physical evidence dan pimpinan LPK, terdiri dari pimpinan LPK (x14), gedung (x18) dan keadaan lingkungan (x20). Faktor ke 4; place dan personal traits, yang termasuk dalam faktor ini adalah variabel transportasi (x12), pemondokan / tempat kos (x13) dan layanan karyawan (x16). Faktor ke 5; merk dan faktor ke 6 adalah persyaratan pembayaran. Dari enam faktor yang dipertimbangkan siswa / konsumen lembaga pendidikan komputer MADCOMS Madiun, faktor product dan promotion merupakan faktor yang paling dominan yang dipertimbangkan siswa / konsumen dalam memilih lembaga pendidikan komputer MADCOMS Madiun, dengan variabel; program pendidikan (x1), materi (x2), teknologi / media pendidikan (x3), biaya pendaftaran (x6), publikasi (x10) staff pengajar / tentor (x15) dan fasilitas pendukung (x19). Saran yang bisa disampaikan pada pihak lembaga pendidikan komputer MADCOMS Madiun adalah sesuai dengan hasil penelitian dimana didapatkan hasil bahwa faktor product dan promotion merupakan faktor-faktor dominan yang dipertimbangkan konsumen / siswa lembaga pendidikan komputer MADCOMS maka dari itu diharapkan pengelola lembaga pendidikan komputer MADCOMS lebih mengoptimalkan program pendidikan yang ada dengan memperbaiki kurikulumnya, menyesuaikan materi pendidikan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, menetapkan besarnya biaya pendaftaran dengan memperhatikan kemampuan finansial konsumen, melengkapi peralatan pendidikan yang dibutuhkan dengan menambah jumlah kepemilikan LCD untuk mempermudah dalam penyampaian materi, menambah jangkauan daerah promosi, meningkatkan kemampuan tenaga pengajar dengan mengikut sertakan pada program pelatihan, serta memperbaiki dan menambah fasilitas pendukung yang ada

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Dra. Sri Suwarsi, M. M.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis