Penulis Utama : Sidik Pramono Dwi Atmojo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2005
Judul : Pengukuran kinerja dengan menggunakan Balanced Scorecard pada PDAM Klaten
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi - 2005
Kolasi : xii, 86 hal.: ilus., lamp., tab.: 4 inci.
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F 1303078
Subyek : MANAJEMEN PEGAWAI
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

PENGUKURAN KINERJA DENGAN MENGGUNAKAN BALANCED SCORECARD PADA PDAM KLATEN

 

Pengukuran kinerja dalam organisasi sektor publik dilaksanakan guna meningkatkan kualitas pengambilan keputusan dan akuntabilitas. Untuk mencapai kinerja yang baik maka perusahaan perlu meningkatkan kemampuan sumber daya yang dimiliki guna mendorong tercapainya tujuan perusahaan secara keseluruhan. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini dilakukan guna mengetahui lebih lengkap bagaimana pengukuran kinerja yang telah dilakukan PDAM Klaten selama ini dan apakah kinerja PDAM Klaten menunjukkan hasil yang lebih baik jika diukur dengan menggunakan metode Balanced Scorecard. Pembahasan utama dilakukan pada faktor-faktor pengukuran kinerja yang digunakan oleh PDAM Klaten. Selanjutnya akan ditelaah mengenai keempat perspektif dalam Balanced Scorecard, yaitu: perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal serta perspektif pembelajaran dan pertumbuhan.

Sejalan dengan permasalahan tersebut maka penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode analisis data pendekatan komparatif yaitu membandingkan penilaian kinerja yang telah dilakukan oleh PDAM Klaten dengan penilaian kinerja menurut konsep Balanced Scorecard.

Hasil analisis menunjukkan bahwa pengukuran kinerja yang selama ini dilakukan oleh PDAM Klaten menunjukkan hasil yang baik, sedangkan pengukuran kinerja dengan menggunakan metode Balanced Scorecard menghasilkan kinerja yang cukup baik. Hal ini menggambarkan bahwa kinerja yang selama ini dianggap baik ternyata baru mencapai hasil yang cukup baik bila diukur dengan menggunakan metode Balanced Scorecard. Untuk itu diharapkan pada tahun-tahun berikutnya PDAM Klaten juga menggunakan konsep Balanced Scorecard dalam mengukur kinerjanya, sehingga aspek-aspek kualitatif yang selama ini belum mendapat perhatian dapat ikut dipertimbangkan dan ditingkatkan kemampuannya guna mencapai kinerja yang lebih baik.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Sri Suranta, S.E, M.Si, Ak
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis