Penulis Utama : Erwin Cahyadi Putro
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2005
Judul : Analisis perencanaan strategi pemasaran pada PT. Wangsa Jatra Lestari di Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2005
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM. F1203129-2005
Subyek : MANAJEMEN PEMASARAN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Masalah yang hendak dicari jawabannya dalam  penelitian ini adalah (1) apakah kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman pada PT. Wangsa Jatra Lestari Surakarta. (2) apakah strategi pemasaran yang tepat pada PT. Wangsa Jatra Lestari di Surakarta. Sehubungan dengan masalah tersebut diajuakan kuesioner yang ditujukan untuk pemimpin PT. Wangsa Jatra Lestari untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman pada perusahaan setelah mengetahuinya maka dapat menentukan strategi yang tepat bagi PT. Wangsa Jatra Lestari.

            Sejalan dengan masalah tersebut maka penelitian ini menggunakan analisis SWOT untuk mengetahui strategi apa yang ada pada perusahaan, dari hasil analisis SWOT tersebut yang berdasarkan faktor-faktor analisis kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman maka pada diagram strategi generik diperoleh posisi perusahaan pada kuadran diferensiasi. Setelah mengetahui perusahaan menggunakan strategi diferensiasi maka dapat diimplementasikan kedalam bauran pemasaran yang terdiri dari 4P yaitu produk(produk, harga, promosi, dan saluran distribusi).

            Hasil analisis menunjukkan bahwa, dari hasil analisis SWOT, didapatkan kekuatan bernilai 3.21, kelemahan bernilai 3.04, peluang bernilai 3.60, dan ancaman bernilai 3.16. kemudian masing-masing faktor-faktor tersebut dikuantitatifkan yaitu dengan cara mengurangkan antara kekuatan dan kelemahan (3.21-3.04 = 0.17) dengan peluang dan ancaman (3.60-3.16 = 0.24) maka didapatkan hasil pada diagram SWOT terletak pada posisi diferensiasi.  Untuk strategi Deferensiasi pada PT. Wangsa Jatra Lestari yang membedakan antara pesaing dengan PT. Wangsa Jatra Lestari adalah kualitas cetakan yang dihasilkan lebih bagus hal ini ditunjang dari kualitas sumber daya manusianya, mesin-mesin cetak yang canggih, serta sistem pelayanan informasinya yang cepat.

            Dari bukti-bukti tersebut dapat disimpulkan bahwa 1. Dari hasil kuesioner dapat disimpulkan bahwa perusahaan mempunyai kekuatan yang bernilai 3.21 dan kelemahan yang bernilai 3.04 dengan demikian dapat dikatakan bahwa kekuatan lebih besar dibanding dengan kelemahan. 2. Untuk hasil kuesioner dari peluang yang ada pada perusahaan  adalah dengan nilai 3.60 sedangkan nilai dari ancaman yang di dapat dari perhitungan analisis SWOT adalah bernilai 3.16 dengan demikian dapat dikatakan bahwa peluang perusahaan pada PT. Wangsa  Jatra Lestari lebih besar dari ancaman yang ada, hal ini membuktikan perusahaan mempunyai peluang untuk mengembangkan perusahaannya lebih dari yang ada sekarang ini. 3. Setelah penghitungan analisis SWOT dan didapatkan hasil untuk analisis lingkungan internal didapat (3.21 - 3.04 = 0.17) serta untuk analisis lingkungan eksternal (3.60 – 3.16 = 0.24) maka strategi yang diperoleh adalah strategi diferensiasi. 4. Kesuksesan akan dapat terwujud apabila perusahaan memiliki strategi yang bagus dan mengimplementasikannya secara baik. Berdasarkan temuan-temuan tersebut maka diajukan saran-saran sebagai berikut, 1. Untuk lebih meningkatkan cetakan yang lebih baik maka diperlukan peningkatan kualitas sumber daya manusia pada PT. Wangsa Jatra Lestari dengan cara melakukan mengadakan training serta mengikutkan karyawan pada seminar-seminar yang diadakan antar perindustrian percetakan. Selain kualitas sumber daya karyawan , PT. Wangsa Jatra Lestari dalam memaksimalkan kinerja mesin maka pada jangka waktu tertentu melakukan Over hold/service total. 2. Untuk menyeimbangi pesaing maka para sales diharapkan untuk dapat bisa memberikan masukan kepada konsumen untuk lebih meningkatkan pesanan oplah yang lebih banyak sehingga harga yang ditentukan menjadi lebih murah. 3. Untuk sistem pembayaran kedepannya diusulkan agar konsumen untuk membayar secara tunai bila menginginkan pembayaran tidak secara tunai atau penuh maka diharuskan membayar DP 50% dari harga yang telah ada. 4. Dalam meningkatkan volume penjualan PT. Wangsa Jatra Lestari untuk lebih banyak mengirim serta memperbanyak kunjungan sales-sales (prospek) kedaerah-daerah relasi yang masih baru, selain itu untuk lebih banyak mengikuti tender-tender yang dilakukan Pemerintah dan Swasta (Pilkada, KPU,buku-buku kantor, buku-buku pelajaran sekolah, dan lain sebagainya), dan membina relasi yang ada diluar negeri. 5. Agar lebih meningkatkan serta mempermudah dalam hubungan PT. Wangsa jatra Lestari maka untuk penyampaian informasi agar lebih efektif dan efisien.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Joko Suyono, SE. MSi
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis