Penulis Utama : Sersiana Mey Nugrahani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2005
Judul : Evaluasi sistem pengendalian intern terhadap persediaan bahan baku pada PT. Aksara Solo Pos
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2005
Kolasi : xi, 70 hal.: ilus.
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F3302186-2005
Subyek : BAHAN POKOK
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Persediaan bahan baku memiliki peranan yang sangat penting karena jalannya operasi perusahaan tergantung adanya bahan baku. PT. Aksara Solopos dalam usaha menjaga kelancaran penerbitan Harian Umum Solopos, salah satu kegiatan pokoknya adalah pengadaan kertas yang akan digunakan sebagai bahan baku cetak koran oleh PT. SGU selaku pihak percetakan. Sebaik apapun sistem dan prosedur persediaan bahan baku yang dijalankan suatu perusahaan tanpa adanya suatu sistem pengendalian, dimungkinkan terjadi penyimpangan yang akan merugikan perusahaan. Dengan demikian sistem pengendalian intern dalam perusahaan tersebut menjadi perhatian bagi pihak-pihak yang berkepentingan.

Hasil penelitian yang telah dilakukan penulis menunjukkan bahwa PT. Aksara Solopos tidak memisahkan fungsi penerimaan dengan fungsi penyimpanan kertas di gudang yaitu dirangkap oleh staf persediaan kertas. Tidak digunakannya sebagian formulir bernomor urut tercetak (prenumbered form) terhadap dokumen yang digunakan. Penomoran secara manual mengakibatkan penggunaan formulir kurang dapat dipertanggungjawabkan oleh bagian atau fungsi yang berwenang. Tidak adanya pemeriksaan mendadak (surprised audit) terhadap catatan transaksi serta tidak dilaksanakannya rotasi jabatan bagi karyawan yang berhak.

Melihat dari hasil penelitian tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa sistem pengendalian intern pada PT. Aksara Solopos masih terdapat kelemahan. Hal ini mengakibatkan perlunya suatu perbaikan yang meliputi adanya pemisahan fungsi penerimaan dari fungsi penyimpanan kertas di gudang. Penggunaan semua dukomen yang bernomor urut tercetak sehingga meminimalisir kemungkinan terjadinya penyalahgunaan dokumen yang bersangkutan. PT. Aksara Solopos perlu mengadakan pemeriksaan mendadak terhadap catatan transaksi yang berkaitan dengan persediaan dan juga sebaiknya menyelenggarakan rotasi jabatan yang memungkinkan para karyawan menduduki jabatan karyawan lain untuk melakukan verifikasi dan checking terhadap kinerja dari karyawan terdahulu.

 

File Dokumen : Tidak ada file dalam dokumen ini.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Christiyaningsih B, SE., MSi., Ak.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis