Penulis Utama : Zitta Romauli Siahaan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2004
Judul : Analisis Perbedaan Jenis Kelamin (Gender): Motivasi, Kepuasaan Kerja, Stres Kerja, Dan Keinginan Berpindah Pekerjaan Auditor Kantor Akuntan Publik Di Bandung
Edisi :
Imprint : Surakarta - Universitas Sebelas Maret - 2004
Kolasi : 93 hal.: ilus.;tab.;
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F0300093-2004
Subyek : AUDITING
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Hadirnya wanita di dalam profesi auditor telah mengangkat isu perbedaan gender terhadap pekerjaan dan organisasi di dalam sebuah kantor akuntan publik dan menjadi hal yang menarik untuk diteliti mengingat situasi yang penuh tekanan (pressure) di dalam dunia kerjanya seperti jam kerja yang tinggi, besarnya kuantitas kerja yang diharapkan, adanya deadline klien, tekanan kerja dan level kerja yang berat, pengendalian dan pengawasan yang ketat, level kompetisi yang tinggi (Strawser et al., 1999) sehingga dianggap pekerjaan sebagai auditor cocok dengan stereotipe maskulin yang dimiliki oleh pria. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan bukti empiris dan menguji perbedaan tingkat motivasi, kepuasan kerja, stres kerja, dan keinginan berpindah pekerjaan berdasarkan jenis kelamin (gender) pada auditor kantor akuntan publik di Bandung.

Penelitian ini merupakan replikasi penelitian Hunton et al. (1996). Populasi dalam penelitian ini adalah auditor kantor akuntan publik di Bandung, dan sampel yang diambil adalah auditor yang bekerja minimal selama satu tahun. Metode pengumpulan data adalah dengan metode personally administered questionnaires. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini diadopsi dari penelitian terdahulu yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya. Untuk menguji hipotesis digunakan alat analisis T-test dan dilakukan pengujian tambahan untuk melakukan uji variance dengan menggunakan alat uji Levene’s Test (Uji F).

 Hasil analisis data yang dilakukan peneliti terhadap 60 lembar kuesioner yang dikembalikan responden dari 111 lembar kuesioner yang disebarkan peneliti menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan di dalam tingkat motivasi, kepuasan kerja, stres kerja, dan keinginan berpindah pekerjaan antara auditor pria kantor akuntan publik dan auditor wanita kantor akuntan publik di Bandung. 

Hasil penelitian Hunton et al. (1996) menyatakan bahwa terdapat perbedaan sikap terhadap pekerjaan, motivasi dari lingkungan kerja, persepsi diskriminasi, dan keinginan berpindah pekerjaan antara praktisi akuntan pria dan praktisi akuntan wanita. Adanya perbedaan hasil penelitian ini dengan penelitian Hunton et al. (1996) tersebut disebabkan oleh adanya perbedaan lingkungan kerja antara kantor akuntan publik dengan departemen akuntansi perusahaan manufaktur, perbedaan waktu penelitian dan adanya perubahan sikap perilaku yang ditimbulkan oleh perubahan pola pikir atasan yang disebabkan oleh adanya kemunculan para wanita pada posisi puncak manajemen, yang menunjukkan bahwa keberadaan wanita membuktikan bahwa wanita juga mampu dan tidak kalah dari kaum pria.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis