Penulis Utama : Dian Wida Kisworo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2005
Judul : Bahasa Jawa pada spanduk kampanye pemilihan presiden dan wkil presiden tahun 2004 di kota Surakarta (kajian pragmatik)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FSSR - 2005
Kolasi : xii, 98 hal.: lamp.; 4 inci
Sumber : UNS-FSSR NIM. C0101017
Subyek : BAHASA JAWA-TATA BAHASA
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini difokuskan pada tiga pokok permasalahan yaitu: tentang bagaimana wujud TT, bentuk penyimpangan maksim, dan maksud yang terdapat dalam BJSKP 2004. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan wujud TT, bentuk penyimpangan maksim, dan maksud yang terdapat dalam BJSKP 2004. Untuk mencapai tujuan penelitian tersebut digunakan pendekatan pragmatik.

Penelitian ini menggunakan data tulis. Pengumpulan data menggunakan metode simak atau penyimakan. Langkah awal dalam penelitian ini adalah pendokumentasian data spanduk bahasa Jawa sebagai upaya pengawetan data tulis. Langkah selanjutnya adalah menggunakan teknik simak dan teknik lanjutannya adalah teknik catat. Data yang telah terkumpul kemudian diklasifikasi berdasarkan permasalahan yang akan dibahas.

Peneliti menggunakan metode padan dalam menganalisis data. Hasil analisis data tersebut berupa kaidah-kaidah yang berhubungan dengan masalah penelitian. Kaidah yang ditemukan kemudian disajikan dalam bentuk rumusan yang disertai dengan contoh-contoh bentuk TT dalam spanduk bahasa Jawa.

Hasil analisis data dan pembahasan dapat diketahui bahwa wujud TT yang terdapat pada spanduk bahasa Jawa kampanye capres-cawapres tahun 2004 meliputi TT langsung - tak langsung, TT literal - tak literal, TT lokusi, ilokusi dan perlokusi. TT langsung disampaikan oleh penulis menggunakan modus kalimat berita, tanya, dan kalimat perintah. TT tak langsung menggunakan modus kalimat berita dan tanya. TT langsung sejajar dengan TT literal dan TT lokusi. TT tak langsung sejajar dengan TT tak literal dan TT ilokusi. Penulis BJSKP 2004 melakukan penyimpangan terhadap maksim kerja sama dan maksim kesopanan. Penyimpangan maksim kerja sama meliputi: maksim kuantitas, kualitas, relevansi, dan maksim pelaksanaan. Penyimpangan maksim kesopanan meliputi: maksim kebijaksanaan, kemurahan, kerendahan hati, kecocokan, kesimpatian dan maksim penerimaan atau pujian. Maksud yang terkandung dalam tuturan penulis BJSKP 2004 dibedakan menjadi empat, yaitu: (1) bermaksud menginformasikan, (2) bermaksud memohon atau menyuruh, (3) bermaksud mengajak, dan (4) bermaksud menyindir atau mengkritik.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. 1. Dra. Dyah Padmaningsih, M. Hum.
2. 2. Drs. Y. Suwanto, M. Hum.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Sastra dan Seni Rupa