Penulis Utama : Pujianto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2004
Judul : Analisis Pengaruh kualitas Pelayanan Jasa Simpan Pinjam Terhadap Kepuasan Nasabah Baitul Maal wat-Tamwil Tumang Cepogo Boyolali
Edisi :
Imprint : Surakarta - Universitas Sebelas Maret - 2004
Kolasi : 72 hal.; ilus.;tab.;
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F0299092-2004
Subyek : KREDIT INVESTASI
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Masalah yang hendak dicari pemecahannya dalam penelitian ini adalah seberapa besar pengaruh dimensi kualitas jasa pelayanan yang terdiri atas tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan emphaty terhadap kepuasan nasabah BMT TUMANG.

Sehubungan dengan masalah tersebut maka diajukan beberapa hipotesis sebagai berikut: (1) Variabel pelayanan jasa (tangible, reliability, responsiveness, dan emphaty) secara bersama-sama berpengaruh terhadap kepuasan nasabah BMT TUMANG, (2) Dimensi yang berpengaruh paling dominan terhadap kepuasan nasabah BMT TUMANG adalah reliability, dan (3) Kualitas pelayanan jasa di BMT TUMANG manurut nasabahnya adalah baik.

Sejalan dengan permasalahan tersebut dan hipotesis penelitian ini maka penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan satu metode pengambilan sampel dan beberapa metode pengujian yaitu: langkah pertama pengambilan sampel adalah dengan menggunakan metode Judgement Sampling, dengan menyebarkan 100 kuesioner pada nasabah BMT TUMANG, sedangkan untuk metode pengujian menggunakan teknik analisis regresi berganda yang mencakup Uji t dan Uji F, selain itu pengujian juga menggunakan Analisis Kepuasan Konsumen.

Hasil analisis menunjukkan bahwa dari analisis regresi berganda diperoleh hasil Uji F hitung yang menunjukkan nilai F hitung (186,633) > F tabel (2,29) dan dari Uji t diperoleh nilai t untuk dimensi tangible sebesar (5,418), reliability sebesar (10,356), responsiveness sebesar (5,648), assurance sebesar (5,500), emphaty sebesar (0,441). Dari hasil analisis kepuasan nasabah dengan menggunakan Weighted Servqual Analysis diperoleh nilai indeks kepuasan nasabah yang bernilai negatif yaitu sebesar (-44651) yang berarti bahwa kualitas pelayanan pada BMT TUMANG menurut nasabahnya masih belum memberikan kepuasan atau kurang baik.

Dari bukti-bukti tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan melihat hasil Uji F dimana F hitung > F tabel maka hipotesis pertama terbukti karena seluruh dimensi secara barsama-sama mempengaruhi kepuasan nasabah. Untuk hipotesis kedua terbukti karena dimensi reliability mempunyai nilai t hitung paling besar (10,356) sehingga dimensi ini mempunyai pengaruh paling dominan terhadap kepuasan nasabah. Sedangkan untuk hipotesis ketiga kualitas pelayanan BMT TUMANG menurut nasabahnya adalah kurang baik karena nilai indeks kepuasan yang diperoleh bernilai negatif sehingga hipotesis ketiga tidak terbukti.

Berdasarkan temuan-temuan tersebut maka diajukan saran-saran antara lain dimensi reliability merupakan dimensi dimana terdapat nilai harapan nasabah yang paling tinggi tetapi memiliki nilai kinerja paling rendah sehingga pada dimensi ini memerlukan perbaikan dengan segera. Selain itu perbaikan pada dimensi lainnya juga perlu dilakukan sehingga perbaikan yang dilaksanakan bisa berjalan dengan seimbang, dengan ukuran porsinya masing-masing.

 

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Drs. Dwi Hastjarja KB, M M
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis