Penulis Utama : Nina Yumita
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2005
Judul : Pola hubungan sosial masyarakat permukiman baru (Studi kasus pembentukan organisasi sosial kemasyarakatan di Perumnas Mojosongo Surakarta Th.1983-2003)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FSSR - 2005
Kolasi : xv, 108 hal.: ilus., lamp., tab.; 4 inci.
Sumber : UNS-FSSR NIM. C 0599028
Subyek : SOSIAL, INTERAKSI
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini mengambil tema tentang pola hubungan sosial masyarakat permukiman baru. Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui aktifitas dan jaringan organisasi sosial masyarakat di Perumnas Mojosongo tahun 1983-2003. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian sejarah dengan empat langkah metode yaitu heuristik, kritik sumber, interpretasi dan historiografi. Pengumpulan data menggunakan teknik studi dokumen, studi pustaka, wawancara dan observasi.

Perumnas Mojosongo dibangun untuk mengatasi masalah permukiman di Kota Surakarta. Diresmikan pada tanggal 23 Desember 1983. Permukiman baru ini dihuni oleh masyarakat golongan menengah ke bawah. Tujuan inilah sebenarnya yang ingin dicapai oleh pemerintah atas dibangunnya permukiman baru di wilayah ini.

Permukiman baru membentuk masyarakat yang baru pula yaitu masyarakat penghuni Perumnas Mojosongo. Masyarakat ini saling berinteraksi, yang lama-kelamaan membentuk pola hubungan sosial. Wujud dari pola hubungan sosial tersebut adalah organisasi sosial masyarakat.

Sebagai hasil dari penelitian ini dapat diketahui bahwa organisasi sosial masyarakat di Perumnas Mojosongo ada yang dibentuk oleh pemerintah (power compliance) dan ada yang dibentuk masyarakat (need compliance). Organisasi tersebut terdapat pada lingkup RT maupun RW. Ada juga sebagian dari organisasi sosial masyarakat tersebut yang memperluas hubungannya ke tingkat kelurahan.

Organisasi sosial masyarakat yang ada di Perumans Mojosongo mempunyai aktifitas yang beraneka ragam. Semua aktifitas tersebut bertujuan untuk lebih mempererat hubungan sosial dan meningkatkan kekompakan di antara penghuni Perumnas.

Jaringan organisasi sosial masyarakat di Perumnas Mojosongo terwujud dalam jaringan intern dan ekstern. Jaringan ekstern dibagi menjadi jaringan horisontal dan jaringan vertikal. Keberadaan jaringan tersebut sangat bermanfaat bagi kelangsungan organisasi sosial masyarakat di Perumnas Mojosongo.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Drs. Tundjung Wahadi Sutirto, M.Si
2. Drs. Sri Agus, M.Pd
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Sastra dan Seni Rupa