Penulis Utama : Wahyuningrum S
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2005
Judul : Tatalaksana impor barang kiriman pos melalui kantor Pos Lalu Bea Plemburan Yogyakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2005
Kolasi : xv, 55 hal.:ilus.,lamp.,tab.
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F3102050-2005
Subyek : PERDAGANGAN INTERNASIONAL
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan penulisan Tugas Akhir ini adalah untuk memperoleh gambaran yang lebih mendalam dan pemahaman mengenai tatalaksana impor barang kiriman pos yang dilakukan oleh Kantor Pelayanan Bea dan Cukai Tipe B Jogyakarta melalui Kantor Pos Lalu Bea Plemburan Yogyakarta. Pelaksanaan kewajiban pabean atas barang kiriman pos dilakukan berdasarkan Undang – Undang Nomor 10 Tahun 1995 tentang Kepabeanan, sedang pelaksanaan teknisnya mengacu pada Keputusan Menteri Keuangan No. 490/KMK.05/1996 tentang Tatalaksana Impor Barang Penumpang, Awak Sarana Pengangkut, Pelintas Batas, Kiriman Pos dan Kiriman Melalui Jasa Titipan dan Keputusan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai No. Kep–78/BC/1997 tentang Petunjuk Pelaksanaan Penyelenggaraan Barang Penumpang, Awak Sarana Pengangkut, Pelintas Batas, Kiriman Melalui Jasa Titipan dan Kiriman Pos.

Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Dimana data yang diperoleh berupa kata – kata yang terdiri atas data primer dan data sekunder. Data primer dikumpulkan melalui pengamatan dan wawancara dengan Kepala Seksi dan Staf Kepabeanan dan Cukai I dan Kepala Seksi dan Staf Kepabeanan dan Cukai III. Sedang data sekunder diperoleh dari hasil – hasil riset tentang tema yang serupa, peraturan perundang – undangan, buku – buku mengenai impor, brosur dan sumber bacaan lainnya.

Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa tatalaksana impor barang kiriman pos meliputi proses penerimaan, proses penyimpanan, proses pemeriksaan barang dan perhitungan bea masuk serta pajak dalam rangka impor. Tatalaksana tersebut dilaksanakan berdasarkan Keputusan Menteri Keuangan No. 490/KMK.05/1996 tentang Tatalaksana Impor Barang Penumpang, Awak Sarana Pengangkut, Pelintas Batas, Kiriman Pos dan Kiriman Melalui Jasa Titipan dan Keputusan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai No. Kep–78/BC/1997 tentang Petunjuk Pelaksanaan Penyelenggaraan Barang Penumpang, Awak Sarana Pengangkut, Pelintas Batas, Kiriman Melalui Jasa Titipan dan Kiriman Pos.

Saran yang dapat diajukan oleh peneliti yaitu perlu adanya peningkatan kinerja pejabat bea dan cukai dalam memberikan pelayanan impor barang kiriman pos meliputi proses penerimaan, pemeriksaan barang dan perhitungan bea masuk serta pajak dalam rangka impor. Selain itu perlu juga adanya peningkatan kemampuan, ketrampilan dan sikap mental pegawai serta sosialisasi bea masuk dan pajak dalam rangka impor.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Drs. AM. Susilo, MS
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis