Penulis Utama : Fibri Nurchayati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2005
Judul : Analisis pengaruh faktor demografis terhadap kepuasan kerja karyawan pada Rumah sakit Ibu dan Anak Sarila Husada Sragen
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi - 2005
Kolasi : xi., 94 hal.: ilus., lamp., tab.; 4 inci
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM. F 1203131
Subyek : MANAJEMEN PEGAWAI-EVALUASI KARYAWAN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Masalah yang hendak dicari jawabannya dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh usia, jenis kelamin, masa kerja dan pendidikan terhadap kepuasan kerja karyawan Rumah Sakit Ibu dan Anak Sarila Husada Sragen. Sehubungan dengan masalah yang diajukan hipotesis sebagai berikut (1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara Faktor Demografis yang meliputi usia, jenis kelamin, masa kerja dan pendidikan secara parsial terhadap kepuasan kerja karyawan Rumah Sakit Ibu dan Anak Sarila Husada Sragen (2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara Faktor Demografis yang meliputi usia, jenis kelamin, masa kerja dan pendidikan secara bersama- sama terhadap kepuasan kerja karyawan Rumah Sakit Ibu dan Anak Sarila Husada Sragen (3) Masa kerja merupakan variabel yang paling dominan mempengaruhi kepuasan kerja karyawan.

Responden dalam penelitian ini adalah karyawan Rumah Sakit Ibu dan Anak Sarila Husada Sragen yang berjumlah 63 karyawan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang diberikan kepada responden. Skala Likert dengan rentang pilihan jawaban sebanyak empat digunakan sebagai pengukuran instrumen kuesioner. Data yang telah terkumpul kemudian diuji konsistensi dan kecermatan alat ukurnya melalui uji validitas dengan menggunakan pearson product moment dan uji reliabilitas dengan menggunakan uji alpha cronbach. Dari hasil pengolahan data semua instrumen pengukuran yang digunakan dalam penelitian ini valid dan reliabel.

Analisis yang digunakan dalam penelitian ini berupa analisis deskriptif dan analisis kuantitatif. Analisis deskriptif menggambarkan karakteristik dari responden yang diteliti. Berdasarkan hasil pengumpulan data didapatkan mayoritas responden adalah perempuan, berusia antara 26 – 30 tahun, dengan masa kerja 13 tahun dan tingkat pendidikan sebagian besar dari tingkat D3. Dari tanggapan responden terhadap item pertanyaan yang diberikan dalam kuesioner didapatkan tingkat kepuasan kerja sedang, jadi dapat dikatakan bahwa secara umum responden cukup puas dengan pekerjaannya.

Analisis kuantitatif dilakukan untuk menguji hipotesis analisis ini berupa regresi linier berganda, uji t statistik, uji F statistik serta uji koefisien determinasi majemuk. Dari regresi linier berganda didapatkan nilai koefisien dari masing-masing variabel independen bernilai positif. Secara parsial, diperoleh t hitung lebih besar dari t tabel. Secara bersama- sama seluruh variabel independen juga berpengaruh nyata terhadap variabel dependen dengan nilai F hitung lebih besar dari F tabel. Dari uji R2 didapatkan bahwa 70,1% tingkat kepuasan kerja dipengaruhi usia, jenis kelamin, masa kerja dan pendidikan. Sedang 29,9% dipengaruhi variabel lain.

Dari hasil analisis diperoleh kesimpulan bahwa hipotesis pertama terbukti kebenarannya, terlihat dari hasil uji t yang menyatakan bahwa setiap variabel independen berpengaruh nyata (signifikan) terhadap variabel dependen, kemudian hipotesis kedua juga terbukti kebenarannya dengan hasil uji t dimana masa kerja memiliki t hitung terbesar dibanding ketiga variabel lainnya dalam penelitian ini (usia, jenis kelamin dan pendidikan). Sehubungan beberapa variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini maka saran yang dapat dikemukakan diantaranya bagi perusahaan sebaiknya memperhatikan hal ini sebagai bahan pertimbangan penuh dalam menetapkan dan melaksanakan kebijakan- kebijakan perusahaan nantinya, memberi posisi jabatan yang layak pada karyawan yang sesuai dengan masa kerja dan pengalamannya, karyawan-karyawan muda diberi kesempatan untuk ikut serta dalam suatu tim kerja yang menantang pengetahuan mereka, antara pria dan wanita diberikan kesempatan yang sama, karyawan yang memiliki pendidikan rendah, diberi kesempatan untuk meningkatkan pendidikannya atau mengikutsertakan dalam program pelatihan dan pengembangan.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Drs. Suseno
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis