Penulis Utama : Tora Ari Sasongko
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2005
Judul : Perancangan meja dan kursi untuk operator stasiun perakitan sangkar burung dengan pendekatan antropometri (studi kasus sentra industri sangkar burung Mojosongo Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Teknik - 2005
Kolasi : Hal. bervariasi.: ilus., tab.; 4 inc
Sumber : UNS-Fak. Teknik NIM. I0300044
Subyek : KERAJINAN KAYU-MEBEL
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Posisi kerja jongkok dinilai sebagai posisi kerja yang tidak wajar, karena dapat menyebabkan kelelahan apabila diterapkan dalam jangka waktu yang lama. Karyawan Sentra Industri Sangkar Burung Mojosongo Surakarta bekerja dengan posisi kerja jongkok, sehingga waktu penyelesaian pembuatan sangkar burung bertambah lama yang berakibat keterlambatan waktu penyelesaian pesanan sangkar burung dari waktu yang telah disepakati dengan konsumen sering terjadi. Dengan merubah posisi jongkok menjadi duduk tegak diperlukan fasilitas tambahan meja dan kursi. Dengan merancang fasilitas meja dan kursi dengan pendekatan Antropometri diharapkan posisi kerja lebih nyaman dan waktu penyelesaian lebih singkat.

            Antropometri merupakan ilmu ukur dimensi tubuh manusia. Perancangan produk yang menggunakan data antropometri akan menghasilkan produk yang dapat mengakomodasi  keterbatasan manusia sehingga nyaman digunakan. Dalam perancangan meja dan kursi ini, data yang dikumpulkan merupakan data antropometri dalam bentuk persentil. Data antropometri yang diperlukan untuk merancang meja adalah tebal paha dengan persentil P95, tinggi popliteal Persentil 95, jangkauan tangan ke depan persentil 5, dan lebar bahu persentil 5. Data antropometri yang diperlukan untuk merancang kursi adalah tinggi popliteal persentil 5, lebar bahu persentil 50 dan pantat popliteal persentil 50.

            Hasil rancangan meja dan kursi dengan pendekatan Antropometri dinilai lebih baik karena rata-rata waktu kerja operator perakitan sangkar burung saat menggunakan meja dan kursi tersebut lebih cepat yaitu sebesar daripada saat bekerja dengan posisi jongkok dan saat duduk tegak dengan meja dan kursi seadanya.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Rahmaniyah Dwi Astuti, ST
2. Bambang Suhardi, ST, MT
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik