Penulis Utama : Meirizal Sudyadi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2005
Judul : Analisis common size horisontal laporan arus kas pada PT. Batik Danar Hadi Surakarta periode 2001-2003
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2005
Kolasi : xi, 77 hal.:ilus.,tab.
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F3302067
Subyek : ANALISA LAPORAN KEUANGAN
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

PT. Batik Danar Hadi merupakan perusahaan induk yang bergerak dalam bidang usaha industri dan perdagangan batik. Perusahaan tersebut memiliki misi untuk menembus pasar mancanegara dengan menjalin kerja sama dengan mitra-mitra usaha batik di Asia Tenggara maupun negara lainnya.

Penelitian yang dilakukan oleh penulis mempunyai tujuan untuk mencari jawaban mengenai masalah yang dihadapi yaitu mengetahui besarnya perubahan kenaikan atau penurunan arus kas bersih dari aktivitas operasi, aktivitas investasi, aktivitas pendanaan dan perubahan kenaikan atau penurunan kas dan bank dalam rupiah maupun persentase pada periode 2001-2003, mengetahui penyebab penurunan kas dan bank dalam laporan arus kas periode 2002, langkah alternatif apa yang akan dilakukan oleh perusahaan untuk meningkatkan kas dan banknya, mengetahui faktor-faktor yang menjadi penyebab kas dan bank dalam laporan arus kas pada periode 2003 mengalami peningkatan.

Penelitian ini menggunakan laporan keuangan yang telah diaudit yang diperoleh dari PT. Batik Danar Hadi. Penulis menganalisis laporan arus kas metode langsung dengan menggunakan salah satu dari analisis common size, yaitu analisis common size horisontal.

Penelitian ini membuktikan bahwa jumlah kas dan bank selama periode 2001-2002 mengalami penurunan bersih yang disebabkan oleh penurunan penerimaan kas dari pelanggan dan penerimaan kas dari jasa giro dan dipengaruhi oleh peningkatan pengeluaran kas untuk karyawan. Jumlah kas dan bank selama periode 2002-2003 mengalami kenaikan bersih yang disebabkan oleh peningkatan penerimaan kas dari pelanggan dan jasa giro serta dipengaruhi oleh pembayaran hutang pemegang saham yang semakin berkurang. Perusahaan juga mempunyai beberapa kelemahan antara lain arus kas bersih aktivitas operasi digunakan untuk menutup arus kas bersih negatif dari aktivitas investasi dan pendanaan karena tidak adanya penerimaan pada aktivitas investasi dan pendanaan sehingga menimbulkan kekhawatiran perusahaan menghadapi risiko kas defisit.

Penulis memberikan saran kepada perusahaan untuk menambah kegiatan ekspor produk batiknya ke luar negeri, karena dengan bertambahnya kegiatan ekspor maka perusahaan akan memperoleh tambahan pendapatan selisih kurs ekspor. Penulis juga menyarankan agar perusahaan berusaha untuk mempertahankan kerjasama yang baik dengan pelanggan lama dengan memperbaiki kualitas pelayanan kepada pelanggan tersebut dan perusahaan dianjurkan untuk meningkatkan promosi produk batiknya kepada masyarakat sehingga perusahaan dapat menarik pelanggan baru.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Sri Suranta, SE., M. Si., Ak.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis