Penulis Utama : Wahyu Indiastuti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2005
Judul : Efektivitas iklan sebagai sarana promosi dalam meningkatkan penjualan di PT. Air Mancur Karanganyar
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak.Ekonomi UNS - 2005
Kolasi : x, 71 hal.:ilus.,lam.,tab.
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F3202102
Subyek : IKLAN-ASPEK PENJUALAN
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Seiring berkembangnya zaman dan kecanggihan teknologi serta banyak berdirinya perusahaan yang hasil produksinya sejenis membuat persaingan dalam dunia bisnis semakin ketat. Ini juga dialami oleh PT Air Mancur Karanganyar yang harus siap menghadapi persaingan dengan industri jamu lainnya. Dengan hasil produksi yang berkualitas, PT Air Mancur juga bersaing untuk merebut pasar sasaran guna meningkatkan volume penjualan. Untuk itu PT Air Mancur melakukan salah satu strategi pemasaran yaitu melalui promosi. Dan salah satu kegiatan yang sering dilakukan yaitu melalui periklanan. Periklanan diangap sebagai salah satu cara yang efektif untuk mempengaruhi, membujuk konsumen, dan mempertahankan produk agar tetap dipilih konsumen. Serta sebagai usaha dalam meningkatkan penjualan produk.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah iklan yang dilakukan oleh PT Air Mancur sudah efektif atau belum dalam meningkatkan penjualan produk. Penelitian ini dapat bermanfaat bagi penulis khususnya perusahaan dan pihak lain pada umumnya. Untuk mencapai tujuan penulisan tugas akhir ini, penulis mengumpulkan data sekunder baik dengan wawancara maupun dengan mencatat dokumen tentang biaya iklan dan volume penjualan yang didapat dengan cara membandingkan biaya iklan triwulan yang lalu dengan volume penjualan yang didapat pada tiruwulan berikutnya.

Secara umum dapat disimpulkan bahwa PT Air Mancur hanya melakukan periklanan produk, dimana produk dan identitas perusahaan sudah tercantum dalam kemasannya. Media iklan yang digunakan adalah media lini-atas dan media lini-bawah, serta dengan menjadi sponsor pada acara-acara tertentu. Pembuatan iklan dengan media lini-atas diserahkan sepenuhnya kepada biro iklan yang telah ditunjuk dengan pembayaran komisi yang diambil dari omset penjualan. Dengan melihat tingkat prosentase perbandingan biaya iklan per triwulan dengan volume penjualan per triwulan berikutnya diketahui tingkat prosentase yang tidak stabil. Jadi tingkat prosentase tahun 2001-2003 dinyatakan tidak efisien, bahkan belum sepenuhnya efektif dalam meningkatkan volume penjualan. Penulis menyarankan agar pada periklanan berikutnya PT. Air Mancur lebih menggencarkan kegiatan iklannya pada kota Solo Khususnya dan kota lain pada umumnya. Serta mempertahankan kerjasama dengan biro iklan dan tetap menjaga kualitas produknya.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Dra. Soemarjati TJ, MM.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis