Penulis Utama : Susana Endah S.
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2005
Judul : Panjang penyaluran baja tulangan polos pada beton serat bendrat
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Teknik - 2005
Kolasi : 57 hal.: lamp., tab.; 4 inc
Sumber : UNS-Fak. Teknik NIM. I1103071
Subyek : BAJA-KONSTRUKSI
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Salah satu persyaratan dalam struktur beton bertulang adalah adanya lekatan antara tulangan dan beton sehingga apabila pada struktur beton tersebut diberikan beban tidak terjadi selip antara baja tulangan dan beton, asalkan antara tulangan baja dan beton tersebut tersedia panjang penyaluran yang cukup. Dasar teori utama panjang penyaluran adalah dengan memperhitungkan suatu baja tulangan yang ditanam di dalam massa beton. Sebuah gaya diberikan pada baja tulangan tersebut, selanjutnya akan ditahan antara baja tulangan dengan beton di sekelilingnya. Pada penelitian ini digunakan serat berupa serat bendrat dengan pertimbangan bahan ini mudah di perolah dan dapat meningkatkan sifat-sifat struktural beton seperti ketahanan terhadap tarik dan kuat lentur. Tujuan yang diharapkan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kuat lekat antara baja tulangan dan beton dengan penambahan serat bendrat pada saat beban terjadi sesar sebesar 0,25 mm yang selanjutnya nilai kuat lekat ini digunakan untuk menghitung panjang penyaluran.

Metodologi pembahasan menggunakan analisis regresi polynomial, yaitu dengan cara data-data yang telah didapat dari pengujian benda uji kemudian diproses untuk mencari hubungan antara kuat lekat beton dan baja tulangan polos dengan menggunakan analisis statistik regresi dan korelasi, yang mana persamaan regresi ini dapat menggambarkan perilaku hasil pengujian. Dalam hal ini penentuan persamaan regresi dengan menggunakan program Microsoft Excel.

Dari hasil penelitian dan pembahasan dapat ditarik suatu kesimpulan bahwa panjang penyaluran untuk beton normal berdasarkan penelitian pada baja tulangan f 8 mm dan 12 mm berturut-turut adalah 80,0178 mm dan 110,9229 mm (menurun 28,12% dan 46,71% dari panjang penyaluran menurut SKSNI) sedangkan berdasarkan SKSNI pada baja tulangan f 8 mm dan 12 mm berturut-turut adalah 111,3211 mm dan 208,1653 mm. Untuk panjang penyaluran pada beton penambahan serat bendrat berdasarkan penelitian pada baja tulangan f 8 mm dan 12 mm berturut-turut adalah 95,9917 mm dan 158,1083 mm (menurun 3,41% dan 14,92% dari panjang penyaluran menurut SKSNI) sedangkan berdasarkan SKSNI pada baja tulangan f 8 mm dan 12 mm berturut-turut adalah 99,3818 mm dan 185,8393 mm.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Sastra dan Seni Rupa