Penulis Utama : Lusianingsih
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2005
Judul : Eksperimentasi pembelajaran Matematika dengan metode resitasi sebagai pelengkap metode problem solving pada sub pokok bahasan luas dan volume kubus...
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2005
Kolasi : xiv, 156 hal.: lamp., tab.; 4 inci
Sumber : UNS-FKIP NIM
Subyek : MATEMATIKA-METODE MENGAJAR
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) apakah pembelajaran matematika dengan metode resitasi sebagai pelengkap metode problem solving lebih baik daripada metode problem solving dalam mengajarkan sub pokok bahasan luas dan volum kubus dan balok , (2) apakah prestasi belajar matematika antara siswa yang memiliki kemampuan awal yang lebih tinggi lebih baik daripada siswa yang memiliki kemampuan awal lebih rendah dalam mempelajari sub pokok bahasan luas dan volum kubus dan balok, (3) ada tidaknya interaksi antara metode mengajar dan kemampuan awal siswa dalam mempelajari sub pokok bahasan luas dan volume kubus dan balok.

Penelitian ini menggunakan metode eksperimental semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas satu SMP Negeri 1 Tasikmadu tahun ajaran 2004/2005, yang terdiri dari enam kelas dengan jumlah siswa sebanyak 240 siswa . Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 80 siswa yang diambil dari dua kelas yaitu 40 siswa kelas eksperimen dan 40 siswa kelas kontrol dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi untuk kemampuan awal siswa dan tes untuk data prestasi belajar siswa sub pokok bahasan luas dan volum kubus dan balok. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama. Sebagai persyaratan penelitian dilakukan uji keseimbangan dengan uji-Z,  diperoleh bahwa kedua kelompok dalam keadaan awal yang sama dan sebagai persyaratan analisis data dilakukan uji normalitas dengan menggunakan metode Lilliefors, diperoleh sampel berasal dari populasi yang berdistribusi normal dan uji homogenitas dengan menggunakan metode Bartlett, diperoleh sampel berasal dari populasi yang homogen.

Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) pembelajaran matematika dengan metode resitasi sebagai pelengkap problem solving sama baiknya dengan metode problem solving saja dalam mengajarkan sub pokok bahasan luas dan volum kubus dan balok (Fobs = 0,4614 < 4, 0187 = Ftab), (2) prestasi belajar matematika pada siswa yang memiliki kemampuan awal lebih tinggi lebih baik daripada siswa yang memiliki kemampuan awal lebih rendah dalam mempelajari sub pokok bahasan luas dan volum kubus dan balok (Fobs = 18,5080 > 3,1687 = Ftab), (3) tidak ada interaksi antara metode mengajar dan kemampuan awal siswa dalam mempelajari sub pokok bahasan luas dan volum kubus dan balok (Fobs = 0,6722 < 3,1687= Ftab).

Dari hasil uji komparasi ganda antar kolom diperoleh bahwa: (1) siswa yang memiliki kemampuan awal tinggi prestasi belajarnya lebih baik daripada siswa yang memiliki kemampuan awal sedang pada sub pokok bahasan luas dan volum kubus dan balok, (2) siswa yang memiliki kemampuan awal tinggi prestasi belajarnya lebih baik daripada siswa yang memiliki kemampuan awal rendah pada sub pokok bahasan luas dan volum kubus dan balok, (3) siswa yang memiliki kemampuan awal sedang prestasi belajarnya lebih baik daripada siswa yang memiliki kemampuan awal rendah pada sub pokok bahasan luas dan volum kubus dan balok.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Drs. Ponco Sujatmiko, M.Si
2. Triyanto, S.Si, M.Si
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP