Penulis Utama : Deni Artha Yurdaningtyas
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2005
Judul : Tanan kerja sebagai predictor terhadap psychological strains dan prestasi kerja dengan dukungan sosial dari tempat kerja sebagai variabel pemoderasi (studi pada karyawan bagian produksi PT Kebon Agung PG Trangkil Pati)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi - 2005
Kolasi : xiv, 98 hal.: ilus., lamp., tab.; 4 inc
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM. F0201009
Subyek : MANAJEMEN PEGAAWAI-MOTIVASI KERJA
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Permasalahan yang hendak dicari jawabannya dalam penelitian ini adalah: (1) apakah tekanan kerja berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap psychological strains, (2) apakah tekanan kerja berpengaruh negatif dan signifikan terhadap prestasi kerja, (3) apakah dukungan sosial dari tempat kerja memoderasi hubungan antara tekanan kerja dengan psychological strains, (4) apakah dukungan sosial dari tempat kerja memoderasi hubungan antara tekanan kerja dengan prestasi kerja. Sehubungan dengan masalah tersebut diajukan hipotesis: tekanan kerja akan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap psychological strains (hipotesis 1), tekanan kerja berpengaruh negatif dan signifikan terhadap prestasi kerja (hipotesis 2), dukungan sosial dari tempat kerja memoderasi hubungan antara tekanan kerja dengan psychological strains dan prestasi kerja (hipotesis 3a dan 3b).

Seiring dengan masalah dan hipotesis tersebut maka penelitian ini dilaksanakan dengan metode survey sampel dengan teknik pengambilan sampel proportional random sampling terhadap karyawan bagian produksi PT. Kebon Agung PG. Trangkil Pati dimana dalam pengambilan sampel memperhatikan unit atau bagian kerja masing-masing yang ada dalam perusahaan secara berimbang sehingga sampel yang diambil diharapkan dapat memenuhi semua unti bagian kerja. Dalam penelitian ini jumlah unit atau bagian kerja karyawan bagian produksi terdiri dari 5 bagian, yaitu: (1) bagian pemurnian, (2) bagian penguapan, (3) bagian masakan, (4) bagian puteran, dan (5)bagian kemasan. Metode statistik yang digunakan adalah analisis regresi hierarkis dengan bantuan program SPSS 11,5 for windows.

Hasil analisis regresi Hierarkis psychological strains menunjukkan bahwa tekanan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap psychological strains dengan nilai t sebesar 3,826 dan taraf signifikansi 0,000. Sementara itu dukungan sosial tidak memoderasi hubungan antara tekanan kerja dengan psychological strains dengan nilai t sebesar –0,637 (0,526).

Hasil analisis regresi prestasi kerja menunjukkan bahwa tekanan kerja berpengaruh negatif dan signifikan terhadap prestasi kerja dengan nilai t sebesar -4,145 dengan taraf signifikansi 0,000. Sementara itu dukungan sosialdari tempat kerja tidak memoderasi hubungan antara tekanan kerja dengan prestasi kerja dengan nilai t sebesar 1,360 (0,177).

Dari bukti-bukti tersebut dapat disimpulkan bahwa tekanan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap psychological strains, hasil ini mendukung hipotesis 1. Tekanan kerja berpengaruh secara negatif dan signifikan terhadap prestasi kerja, hasil ini mendukung hipotesis 2. Sementara itu dukungan sosial dari tempat kerja tidak memoderasi hubungan antara tekanan kerja dengan psychological strains dan prestasi kerja, sehingga ini tidak mendukung hipotesis 3a dan 3b.

Berdasarkan hasil analisis regresi hierarkis tersebut maka dapat diajukan saran-saran bagi perusahaan PT. Kebon Agung PG. Trangkil Pati untuk menggalakkan program-program pelatihan dan pengembangan potensi karyawan sehingga prestasi kerja karyawan dapat ditingkatkan. Sementara itu untuk penelitian selanjutnya diharapkan untuk menggunakan perbandingan jenis kelamin responden yang seimbang supaya dapat menggeneralisasikan hasil penelitian. Selain itu untuk penelitian selanjutnya juga diharapkan dapat menambah variabel yang ada dalam penelitian sehingga dimungkinkan untuk menambah hasil yang bervariasi

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis