Penulis Utama : Irawati Muflikhah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2005
Judul : Analisis kepuasan apotik-apotik di rayon Solo 3 terhadap kualitas pelayanan PT Indofarma Global Medika
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi - 2005
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM. F1202034
Subyek : APOTIK-MANAJEMEN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Latar belakang masalah yang mendasari dilakukannya penelitian ini adalah tantangan global yang membutuhkan suatu marketing concept untuk dapat bertahan dan bersaing terhadap persaingan perusahaan sejenis sehingga proses penyampaian nilai-nilai dari prosuk atau jasa kepada konsumen sesuai dengan apa yang dipersepsikan konsumen. Marketing Concept merupakan cara dan falsafah, yang digunakan untuk memasarkan produknya berdasarkan indikator-indikator yang ada yang dapat dikembangkan, sehingga mampu memberikan kapuasan dengan nilai-nilai yang diberikan oleh produk atau jasa tersebut.

Adapaun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kelima dimensi kualitas pelayanan yaitu tangible, reability, responsivenes, assurance dan empathy. Seperti yang diungkapkan Parasuraman, Zethaml (dalam Umar,2000:28) menunjukkan pengaruh terhadap kepuasan apotik-apotik di rayon Solo 3, untuk mengetahui diantara dimensi kualitas tersebut yang mempunyai hubungan yang paling kuat atau dominan dan untuk mengetahui bagaimana tingkat kepuasan apotik-apotik dirayon Solo 3 terhadap dimensi kualitas pelayanan yang diberikan PT. Indfarma Global Medika.

Untuk meneliti hal-hal diatas hipotesis yang diajukan yaitu, 1) diduga faktor dimensi kualitas pelayanan mempengaruhi kepuasan apotik-apotik di rayon Solo 3, 2) diduga diantara kelima dimensi responsiveness mempunyai pengaruh yang paling kuat atau dominan dan 3) diduga apotik-apotik di rayon Solo 3 belum puas terhadap dimensi kualitas pelayanan yang diberikan oleh PT. Indofarma Global Medika.

Untuk menguji hipotesis di atas, menggunakan Regersi Linear Berganda. Sumber data yang diperoleh dengan studi survei data primer melalui pengisian kuesioner dan pengambilan sampel dimana populasi adalah apotik-apotik dirayon Solo 3 dan sampel yang diteliti merupakan semua anggota populasi yaitu apotik-apotik dirayon Solo 3. Pertanyaan diseleksi dengan Korelasi Pearson maka uji validitas dari kelengkapan data dapt dikatakan valid, dimana (r hitung >rtabel). Berdasarkan uji Reabilitas pada item pertanyaan harapan dan pertanyaan kinerja diperoleh nilai alpha (a ) >0,6 maka semua pertanyaan berstatus Reliabel.

Dari hasil analisa data dengan bantuan program SPSS didapatkan nilai koefisien Regresi dari masing-masing kelima dimensi kualitas pelayanan menunjukkan hubungan searah yaitu: Tangible 1,524, Reliability 1,251, Responsiveness 1,389, Assurance 1,119 dan Empathy 1,016. Dan dari nilai t-rasio dapat dilihat variabel yang paling dominan terhadap kepuasan apotik-apotik di rayon Solo 3 adalah Responsiveness sebesar 2,443. Dari uji t-test dapat diketahui bahwa masing-masing dimensi kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan apotik-apotik di rayon Solo 3 dan dari uji F dapat diketahui bahwa Fhitung > Ftabel dengan nilai P signifikansi sebesar 0,000 jauh lebih kecil dari 5%, sehingga dimensi kualitas pelayanan secara bersama-sama mempengaruhi kepuasan konsumen yaitu apotik-apotik rayon Solo 3.

Dari hasil penelitian tersebut peneliti dapat memberikan saran pada PT. Indofarma Global Medika yaitu karena dimensi Responsiveness merupakan faktor yang paling dominan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen yaitu apotik-apotik rayon Solo 3 maka perlu ditingkatkan hal-hal yang berkaitan dengan Responsiveness yaitu dalam menangani masalah pemesanan, pembatalan pemesanan, kesalahan pembayaran, pengiriman maupun pembungkusan, pemberitahuan kenaikan harga, pemberian program harga khusus dan pemberian diskon yang lebih baik dan bersaing dengan kompetitor yang lain sehingga memberikan kepuasan kepada konsumen. Dari indeks kepuasan PT. Indofarma Global Medika belum cukup memuaskan keinginan dari konsumennya, sehingga masih harus meningkatkan kinerjanya. Bagi peneliti yang lain diharapkan lebih memperluas penelitian dengan meneliti dimensi-dimensi dari kualitas pelayanan jasa yang menyangkut kepuasan konsumen, sehingga diharapkan dapat dijadikan bahan pertimbangan dan diperoleh hasil penelitian yang lebih sempurna.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis