Penulis Utama : Wasi Purwoko Sunu
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2004
Judul : Pengaruh Defisit Anggaran Belanja Negara Terhadap Defisit Neraca Transaksi Berjalan Indonesia (Tinjauan Teori Mundell-Flemming dan Ekuivalensi Ricardian)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Universitas Sebelas Maret - 2004
Kolasi : 106 hal.:tab.;
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F0199070-2004
Subyek : ANGGARAN PENDAPATAN BELANJA NEGARA
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Selama lebih dari tiga puluh tahun masa pembangunan ekonomi Indonesia, defisit Neraca Transaksi Berjalan yang terjadi selalu dibarengi oleh terjadinya defisit Anggaran. Terjadinya defisit Neraca Transaksi Berjalan dan defisit Anggaran secara bersama-sama tersebut menimbulkan pertanyaan yang relevan apakah terdapat hubungan kausalitas antar keduanya.

Penelitian ini difokuskan pada uji pembuktian apakah terdapat hubungan kausalitas antara defisit Neraca Transaksi Berjalan dengan defisit Anggaran yang didasarkan pada logika teori ekonomi dengan menggunakan teknik ekonometri. Penelitian ini menggunakan pendekatan model koreksi kesalahan (error correction model/ECM) untuk mengetahui pengaruh jangka pendek dan jangka panjangnya.

Pemilihan alat analisis ECM selain dikarenakan kemampuannya memecahkan variabel runtun waktu yang tidak stasioner dan regresi lancung atau korelasi lancung dalam analisis ekonometrika, juga karena kemampuannya dalam mengkaji konsistensi model empiris dengan teori ekonomi. Selain itu, konsep ECM juga dipandang lebih realistis dalam mengamati perkembangan-perkembangan variabel di dalam perekonomian sehingga dapat menjelaskan fenomena yang terjadi sesuai dengan kenyataan.

Dari hasil analisis selama periode pengamatan, diketahui bahwa defisit Neraca Transaksi Berjalan dan defisit Anggaran saling mempengaruhi baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Hasil estimasi ini memberikan kesimpulan bahwa di Indonesia teori yang berlaku adalah teori yang dikemukakan oleh Mundell-Flemming. Hal tersebut menunjukkan bahwa pengendalian defisit Neraca Transaksi Berjalan dapat dilakukan dengan pengendalian defisit Anggaran dan senantiasa mengantisipasi dinamika perekonomian di masa mendatang. Berlakunya hipotesis defisit kembar ini membawa implikasi kebijakan bahwa upaya penurunan defisit Neraca Berjalan akan membutuhkan penyesuaian terhadap kebijakan fiskal pemerintah. Penurunan defisit anggaran menjadi syarat perlu bagi upaya penghapusan defisit Neraca Transaksi Berjalan

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis