Penulis Utama : Sutopo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2003
Judul : Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi konsumsi tenaga listrik oleh konsumen rumah tangga pada PLN Kabupaten Klaten
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2003
Kolasi : xi, 69 hal.:ilus.,lam.,tab.
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F1199066
Subyek : PERILAKU KONSUMEN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tenaga listrik sebagai sarana produksi maupun sebagai sarana kehidupan sehari-hari memegang peranan penting dalam mencapai sasaran pembangunan. Peningkatan produksi tenaga listrik hanya dimungkinkan dengan tersedianya sarana produksi tenaga listrik yang memadai untuk mengahadapi semakin besarnya tenaga listrik yang dikonsumsi masyarakat. Ditinjau dari karakteristik konsumen, tingkat konsumsi tenaga listrik dapat dipengaruhi oleh faktor pendapatan keluarga, jumlah tanggungan keluarga, luas bangunan, dan tingkat pendidikan. Sejalan dengan hal tersebut penelitian ini bertujuan antara lain untuk mengetahui pengaruh tingkat pendapatan keluarga, jumlah anggota keluarga, luas bangunan, dan tingkat pendidikan terhadap permintaan tenaga listrik oleh konsumen rumah tangga serta untuk mengetahui faktor yang paling dominan mempengaruhi permintaan tenaga listrik oleh konsumen rumah tangga. Hipotesis dalam penelitian ini antara lain tingkat pendapatan keluarga, jumlah anggota keluarga, luas bangunan, dan tingkat pendidikan diduga mempunyai pengaruh positip terhadap permintaan tenaga listrik oleh konsumen PLN serta tingkat pendapatan keluarga diduga merupakan faktor yang paling dominan mempengaruhi permintaan tenaga listrik oleh konsumen PLN. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 80 responden, dengan menggunakan Teknik Simple Random Sampling, sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan instrumen kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi linear berganda, uji statistik dan uji asumsi klasik.

Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa pendapatan keluarga, jumlah anggota keluarga, luas bangunan dan tingkat pendidikan keluarga secara bersama-sama berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap konsumsi tenaga listrik oleh konsumen rumah tangga. Pendapatan keluarga, jumlah anggota keluarga dan luas bangunan secara sendiri-sendiri berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap konsumsi tenaga listrik sedangkan variabel pendidikan keluarga tidak signifikan. Pendapatan keluarga merupakan faktor yang paling berpengaruh terhadap konsumsi tenaga listrik oleh konsumen rumah tangga.

Saran-saran yang diajukan dalam penelitian ini pihak PLN diharapkan meningkatkan pelayanan dengan memperluas jaringan listrik sehingga masyarakat bisa mengembangkan berbagai jenis kegiatan usaha yang diharapkan dapat meningkatkan pendapatan. Mengingat pasar tenaga listrik merupakan monopoli terbatas, diharapkan pihak PLN dapat menjalankan fungsinya sebagai “publik service” dengan sebaik-baiknya sehingga kedua belah pihak tidak ada yang dirugikan. Mengingat kebutuhan akan tenaga listrik semakin besar dan relatif mendesak, maka pemerintah diharapkan menetapkan kebijaksanaan yang menyeluruh yang dapat dirasakan oleh masyarakat terutama di daerah pedesaan. Untuk mencapai tujuan tersebut peran swasta sangat diperlukan guna mendukung tersedianya sarana produksi tenaga listrik yang memadai.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Dra. Nunung Sri Mulyani
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis