Penulis Utama : Siti Solekah Hayu Hapsari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2003
Judul : Indikasi earnings management pada saat pergantian auditor
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2003
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F0399068
Subyek : AUDITING
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya indikasi earnings management dengan melakukan income decreasing discretionary accruals untuk menurunkan laba yang dilaporkan pada saat pergantian auditor dan income decreasing discretionary accruals pada tahun terakhir dengan auditor lama lebih besar secara signifikan daripada tahun pertama dengan auditor baru. Pengambilan sampel dengan menggunakan metode purposive sampling. Sampel yang diperoleh sejumlah 87 pergantian auditor dengan periode 1997-2001.

Hipotesis yang diajukan adalah income decreasing discretionary accruals pada tahun terakhir dengan auditor lama lebih besar secara signifikan daripada tahun pertama dengan auditor baru. Earnings management diproksikan dengan discretionary accruals, pada penelitian ini menggunakan model Healy. Discretionary accruals positif menunjukkan perusahaan melakukan earnings management dengan menaikkan laba sedangkan discretionary accruals negatif menunjukkan perusahaan melakukan earnings management dengan menurunkan laba.

Hasil pengujian normalitas data menunjukkan bahwa nilai discretionary accruals perusahaaan-perusahaan sampel berdistribusi tidak normal, sehingga pengujian dilakukan dengan uji non parametrik. Pengujian wilcoxon signed rank digunakan untuk mencari apakah nilai income decreasing discretionary accruals tahun terakhir dengan auditor lama lebih besar secara signifikan daripada tahun pertama dengan auditor baru.

Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa pada dua tahun terakhir dengan auditor lama hipotesis null tidak didukung, namun nilai mean discretionary accruals menunjukkan nilai positif (income increasing discretionary accruals). Pada satu tahun terakhir dengan auditor lama hipotesis null didukung. Secara keseluruhan penelitian ini tidak dapat membuktikan bahwa income decreasing discretionary accruals pada tahun terakhir dengan auditor lama lebih besar secara signifikan daripada tahun pertama dengan auditor baru.

Penelitian ini mempunyai keterbatasan yang cukup banyak, sehingga untuk penelitian yang akan datang diharapkan dapat menggunakan model discretionary accruals yang lebih kompleks misal model Jones dan modifikasi Jones, mengendalikan financial distress dan faktor-faktor lain yang berpengaruh pada saat pergantian auditor serta menggunakan sampel perusahaan-perusahaan yang sejenis untuk menghindari perbedaan karakteristik keuangan

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis