Penulis Utama : Yunita Trisriani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2003
Judul : Pengaruh karakteristik pekerjaan dan pertukaran pemimpin anggota terhadap kepuasan kerja
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2003
Kolasi : 83 hal.:ilus.,tab.
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F0299115
Subyek : MANAJEMEN PEGAWAI-MOTIVASI KERJA
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui : pertama, apakah karakteristik pekerjaan mempunyai pengaruh yang positif terhadap kepuasan kerja ; kedua, apakah pertukaran pemimpin-anggota mempunyai pengaruh yang positif terhadap kepuasan kerja ; ketiga, apakah karakteristik pekerjaan dan pertukaran pemimpin-anggota secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang positif terhadap kepuasan kerja. Sehubungan dengan masalah tersebut, maka diajukan hipotesis sebagai berikut : pertama, karakteristik pekerjaan mempunyai pengaruh positif terhadap kepuasan kerja ; kedua, pertukaran pemimpin-anggota mempunyai pengaruh positif terhadap kepuasan kerja ; ketiga, karakteristik pekerjaan dan pertukaran pemimpin-anggota secara bersama-sama mempunyai pengaruh positif terhadap kepuasan kerja.

       Sejalan dengan masalah tersebut dan hipotesis penelitian, maka penelitian ini menggunakan metode Multiple Regression Analysis. Penelitian ini mengambil tempat di PT. Indofarma, Bekasi, Jawa Barat. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan produksi PT. Indofarma. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan cara mengirimkan kuesioner kepada responden melalui manajer produksi dan kuesioner yang kembali ke peneliti dan memenuhi syarat akan digunakan sebagai sampel penelitian.

       Hasil analisis menunjukkan bahwa (1) Karakteristik pekerjaan mempunyai pengaruh yang positif terhadap kepuasan kerja, hal ini dapat dilihat dari nilai t hitung sebesar 6.467 dengan tingkat signifikansi .000. (2) Pertukaran pemimpin-anggota mempunyai pengaruh yang positif terhadap kepuasan kerja, hal ini dapat dilihat dari nilai t hitung sebesar 8.097 dengan tingkat signifikansi .000. (3) Karakteristik pekerjaan dan pertukaran pemimpin-anggota secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang positif terhadap kepuasan kerja, hal ini dapat dilihat dari nilai F hitung sebesar 127.854 dengan tingkat signifikansi .000. Hasil uji koefisien determinasi majemuk menunjukkan nilai R2 sebesar 0.621 yang menunjukkan bahwa 62.1% kepuasan kerja dipengaruhi oleh karakteristik pekerjaan dan pertukaran pemimpin-anggota. Sedangkan sisanya 37.9% dipengaruhi oleh variabel lain.

       Dari bukti-bukti diatas dapat disimpulkan bahwa karakteristik pekerjaan dan pertukaran pemimpin-anggota mempunyai pengaruh terhadap kepuasan kerja baik secara individu maupun secara bersama-sama. Hal ini ditunjukkan dari nilai t hitung kedua variabel independen yang tingkat signifikansinya lebih kecil dari 0.05. Dari hasil penelitian tersebut, peneliti memberikan beberapa saran untuk mempertahankan dan meningkatkan kepuasan kerja karyawan produksi PT. Indofarma, yaitu : (1) PT. Indofarma mengadakan berbagai kegiatan yang rutin diadakan untuk meningkatkan hubungan informal antara atasan dengan bawahan, sehingga atasan dan bawahan akan saling memahami masalah serta potensi masing-masing dan untuk meningkatkan keefektifan pekerjaan ; (2) Melakukan langkah-langkah konkrit untuk meningkatkan karakteristik-karakteristik pekerjaan seperti melaksanakan program pelatihan secara rutin, melakukan penilaian prestasi kerja karyawan dengan sungguh-sungguh, mengurangi birokrasi dalam pengambilan keputusan, serta melakukan pengawasan pada tiap tahap proses produksi ; (3) Melakukan peningkatan kualitas supervisi.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis