Penulis Utama : Anwar Syukri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2003
Judul : Analisis hubungan antara kualitas pelayanan jasa dengan loyalitas konsumen di PT. Bengawan Abadi Motor Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2003
Kolasi : 105 hal.
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F0299028
Subyek : PERILAKU KONSUMEN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Salah satu gambaran dari semakin mengglobalnya perdagangan dunia pada era semacam ini adalah semakin menggeliatnya dan semakin meningkatnya perdagangan dalam bidang otomotif di Indonesia.Banyak dealer berbagai merk mobil terkenal dunia bermunculan di banyak tempat.Salah satu dari dealer tersebut adalah PT. Bengawan Abadi Motor Surakarta yang telah terkenal akan reputasinya sebagai dealer Toyota terkemuka dan terpercaya di eks-karesidenan Surakarta selama 30 (tiga puluh) lebih.Penulis ingin mengetahui faktor apakah yang membuat PT. Bengawan Abadi Motor bisa sesukses ini sehingga mempunyai banyak pelanggan dan mendapat banyak penghargaan.Jika penulis telaah lebih mendalam lagi, kesuksesan perusahaan ini berhubungan erat dengan peran serta dan loyalitas konsumennya .Dan karena loyalitas konsumen sangat erat hubungannya dengan kualitas pelayanan jasa yang diberikan, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah benar bahwa kualitas pelayanan jasa berhubungan erat dengan loyalitas konsumen pengguna mobil merk Toyota.

Instrumen kualitas pelayanan jasa terdiri atas 4 (empat) faktor yaitu ketepatan,kecepatan,keramahan dan kenyamanan, sedangkan instrumen loyalitas konsumen terdiri atas 2 (dua) faktor yaitu frekuensi kunjungan dan rekomendasi.

Penelitian dilakukan di bagian ruang tunggu pelanggan yang dimiliki PT. Bengawan Abadi Motor Surakarta dan yang dianggap sebagai sampel adalah para pelanggannya yang telah melakukan kunjungan lebih dari 1 (satu) kali.Untuk keperluan analisis, dilakukan pengujian validitas instrumen, pengujian reliabilitas instrumen dan pengujian hipotesis.

Dalam pengujian validitas internal terbukti bahwa semua butir maupun faktor instrumen ialah valid karena semua nilai rhitung yang dihasilkan melampaui rkritis = 0,3 dan semua kriteria yang telah ditentukan oleh penulis terdapat dalam butir-butir pertanyaan yang diserahkan pada responden.Dalam hal pengujian reliabilitas kedua instrumen yang masing-masing bernilai 0,870 dan 0,672 dapat dianggap reliabel karena telah memenuhi kriteria penilaian tingkat reliabilitas yang telah ditentukan.Sedang dalam pengujian hipotesis terbukti bahwa hipotesis berbunyi “Diduga bahwa kualitas pelayanan jasa mempunyai hubungan yang signifikan dengan loyalitas konsumen PT. Bengawan Abadi Motor Surakarta” benar yang mana hal itu berarti bahwa memang terdapat hubungan yang signifikan antara kualitas pelayanan jasa dan loyalitas konsumen.Hal ini karena nilai thitung yang dihasilkan adalah 4,581, jauh melampaui batas antara daerah terima Ho dan daerah tolak Ho yang berada di titik bernilai 2,021.

Penulis menyarankan kepada PT. Bengawan Abadi Motor untuk lebih meningkatkan kualitas pelayanan jasa ke dalam level yang lebih tinggi.Dasar pemikiran penulis dalam memberikan saran ini ialah nilai koefisien korelasi dalam pengujian hipotesis yang bernilai 0,553 yang mana nilai tersebut hanya bernilai sedang.Memang terdapat hubungan yang signifikan antara kualitas pelayanan jasa dengan loyalitas konsumen PT. Bengawan Abadi Motor tetapi karena masih bernilai sedang alangkah baiknya jika kualitas pelayanan jasa lebih ditingkatkan lagi agar tercipta tingkat loyalitas konsumen yang lebih tinggi lagi di masa yang akan datang.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis