Penulis Utama : Isak Purnomo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2004
Judul : Hubungan pengawasan wajib pajak 100 besar terhadap kepatuhan wajib pajak pada Kantor Pelayanan Pajak Klaten
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2004
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F1399026
Subyek : PAJAK DAN PERPAJAKAN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian yantg dilakukan bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan antara pengawasan yang dilakukan terhadap Wajib Pajak 100 Besar pada Kantor Pelayanan Pajak Klaten dengan tingkat kepatuhan Wajib Pajak itu sendiri. Setting yang diambil dalam penelitian ini adalah noncontrived dengan time horizon termasuk longitudinal, meliputi tahun 2000, 2001,2002. Populasi yang digunakan adalah Wajib Pajak badan sedangkan sampel yang diambil adalah Wajib Pajak 100 Besar badan.

Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan variabel bebas dan variabel terikat. Pengawasan yang dilakukan merupakan variabel bebas sedangkan tingkat kepatuhan menjadi variabel terikat. Data yang digunakan dalam penelitian berupa datra primer yang diambil dari register surat himbauan, register perubahan angsuran dan register penerbitan Surat Tagihan Pajak, sedangkan data sekunder diambil dari buku-buku, dan peraturan perpajakan yang berlaku.

Sehubunghan dengan masalah tersebut dan hipiotesis penelitian maka penelitian ini dilakusanakan dengan menggunakan metode penelitian deskriptif berdasarkan studi kasus p[ada sub seksi Pengawasan Pembayaran Masa PPh badan Kantor Pelayanan Pajak Klaten.

Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara pengawasan Wajib Pajak 100 besar terhadap Kepatuhan Wajib Pajak 100 besar pada KPP Klaten selama tahun 2000,2001,20021. Dari bukti-bukti tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat hubunagn positif antara variabel bebas dan variabel terikat. Berdasarkan temuan-temuan tersebut maka diajukan saran-saran ke KPP Klaten hendaknya lebih meningkatkan lagi pemberian surat himbauan untuk menaikkan angsuran dan meningkatkan pemeriksaan untuk menguji kepatuhan Wajib Pajak dalam melaksanakan sistem self assesment. Jika memungkinkan subseksi Pengawasan Pembayaran Masa sudah tidak menggunakan lagi buku tabelaris manual karena tabelaris Wajib Pajak 100 besar sudaha da dalam sistem Informasi Perpajakan. Perlu lagi digalakkan kegioatan penyuluhan kepada wajib Pajak 100 besar dan Wajib Pajak lainnya untuk lebih meningkatkan kepatuhan dalam pemenuhan kewajiban perpajakannya.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis