Penulis Utama : Syarifah Husna Barokah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2004
Judul : PIMPINAN PUSAT MUHAMMADIYAH DI BAWAH KEPEMIMPINAN AHMAD SYAFI’I MA’ARIF PERIODE 1998-2003
Edisi :
Imprint : Surakarta - Universitas Sebelas Maret - 2004
Kolasi : 270 hal.: lamp.;tab.;
Sumber : UNS-Fak. Sastra NIM.C0599038-2004
Subyek : ISLAM-ORGANISASI
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Latar belakang yang mendorong Peneliti untuk melakukan penelitian ini adalah karena belum adanya buku atau penelitian yang mengangkat tema mengenai kondisi Muhammadiyah di bawah kepemimpinan Ahmad Syafi’I. Apalagi, sejauh yang diketahui Peneliti, sampai saat ini belum pernah ada penelitian yang merumuskan mengenai kontribusi Ahmad Syafi’I Ma’arif selama ia menjadi Ketua maupun pejabat sementara Ketua PP Muhammadiyah periode 1998-2003, baik kontribusi berupa amal maupun ilmu, dalam lingkup Muhammadiyah maupun lingkup nasional dan global. Selain itu, masih sangat terbatas sekali buku yang merumuskan secara sekaligus mengenai kepemimpinan Muhammadiyah sejak didirikan oleh Ahmad Dahlan sampai masa kepemimpinan Ahmad Syafi’I Ma’arif.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan jawaban mengenai: (1). Ciri perjuangan yang paling menonjol dari para pemimpin Muhammadiyah sejak masa Ahmad Dahlan sampai Ahmad Syafi’I Ma’arif, (2). Model kepemimpinan Ahmad Syafi’I Ma’arif dalam memimpin Muhammadiyah, (3). Pemikiran-pemikiran Ahmad Syafi’I Ma’arif, baik tentang Muhammadiyah maupun tentang kondisi bangsa Indonesia, (4). Serta untuk mengetahui kontribusi serta perananan Ahmad Syafi’I Ma’arif beserta 18 anggota Pimpinan Pusat Muhammadiyah lainnya bagi Muhammadiyah khususnya dan bangsa Indonesia umumnya.

Penelitian ini bersifat deskriptif analitis dengan data kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode historis, dengan empat tahapan, yaitu: heuristik, kritik sumber, interpretasi,dan historiografi. Tekhnik Pengeumpulan data yang digunakan adalah dengan tiga cara, yaitu: tekhnik wawancara dan studi dokumen yang merupakan sumber primer, serta studi pustaka yang merupakan sumber sekunder.

Hasil dari penelitian yang telah dilakukan, adalah sebagai berikut: Masing-masing pemimpin Muhammadiyah merupakan orang yang tepat yang muncul pada saat yang tepat. Dalam arti sifat dan kepribadian masing-masing pemimpin Muhammadiyah sejak 1912-2003 selalu tepat dan sesuai dengan situasi dan kondisi intern maupun ekstern Muhammadiyah. Para pemimpin Muhammadiyah pada mulanya berjuang untuk mendirikan Muhammadiyah, kemudian berjuang mempertahankan Muhammadiyah, dan akhirnya mengembangkan Muhammadiyah sehingga menjadi organisasi sosial Islam terbesar di Indonesia, bukan hanya dalam bidang dakwah Islam Amar Ma’ruf Nahi Munkar saja, tetapi juga dalam bidang pendidikan, sosial, budaya, dan ekonomi. Dalam memimpin Muhammadiyah, Syafi’I Ma’arif tetap berpegang pada sistem yang sudah ada, yaitu kolegial, dalam arti musyawarah, pembagian tugas dan wewenang, memberi keleluasaan kepada jajaran pimpinan Muhammadiyah yang lebih bawah untuk membuat keputusan sendiri mengenai permasalahan intern mereka, serta mau menerima kritik dari anggota, mengingat kedudukan ke-19 anggota PP Muhammadiyah adalah sejajar. Pemikiran Syafi’I Ma’arif yang paling menonjol adalah cita-cita-nya untuk menjadikan Muhammadiyah bukan hanya sebagai gerakan amaliah atau gerakan dakwah saja tetapi juga sebagai gerakan ilmu atau gerakan intelektual. Menurut Syafi’I Ma’arif, Muhammadiyah menggunakan politik sebagai kendaraan dakwah dan tidak menggunakan dakwah untuk kendaraan politik. Muhammadiyah tidak mencampuri politik praktis sejak tahun 1971. Syafi’I Ma’arif ingin menjadikan Muhammadiyah sebagai tenda besar ummat dan bangsa. Selama berkiprah di Muhammadiyah, Syafi’I Ma’arif beserta ke-18 anggota PP Muhammadiyah lainnya tidak hanya mempunyai peran di intern Muhammadiyah sendiri, tetapi juga banyak menyumbangkan kontribusinya dalam lingkup nasional dan global, baik dari segi kemanusiaan, pendidikan, ekonomi, sosial-budaya, maupun pluralitas agama.

Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi para pembaca, khususnya yang tertarik pada kajian mengenai Muhammadiyah terutama ditinjau dari sudut kepemimpinan, sejarah kepemimpinan, maupun pemikiran para pemimpinnya. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi peneliti lain yang berniat melakukan kajian penelitian serupa dengan sudut pandang permasalahan yang berbeda. Amin Ya Rabbal Allamin.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Drs. Buchari .S
2. Dra. Isnaeni Wijaya Wardhani, M.Pd
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Sastra dan Seni Rupa