Penulis Utama : Yunoro Dwi Handoko
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2005
Judul : Pembelajaran fisika pada pokok bahasan dinamika gerak lurus sub pokok bahasan hukum kedua newton di SMU dengan metode pengajaran terprogram ditinjau dari kemampuan matematika dasar siswa
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2005
Kolasi : xvi, 65 hal.: ilus., lamp., tab.; 4 inc
Sumber : UNS-FKIP NIM. K2399051
Subyek : METODE MENGAJAR DAN BELAJAR
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan dari penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui: (1) Ada atau tidaknya perbedaan pengaruh antara kemampuan matematika dasar kategori rendah dan kemampuan matematika dasar kategori tinggi yang dimiliki oleh siswa terhadap prestasi belajar Fisika siswa kelas 1 semester 1 SMU Al Islam 3 Surakarta tahun pelajaran 2003/2004 pada pokok bahasan Dinamika Gerak Lurus sub pokok bahasan Hukum Kedua Newton. (2) Ada atau tidaknya perbedaan pengaruh antara pembelajaran menggunakan metode pengajaran terprogram tipe cabang dengan pembelajaran menggunakan metode pengajaran terprogram tipe linear terhadap prestasi belajar Fisika siswa kelas 1 semester 1 SMU Al Islam 3 Surakarta tahun pelajaran 2003/2004 pada pokok bahasan Dinamika Gerak Lurus sub pokok bahasan Hukum Kedua Newton. (3) Ada atau tidaknya interaksi pengaruh antara tingkat kemampuan matematika dasar siswa dan pembelajaran menggunakan metode pengajaran terprogram terhadap prestasi belajar Fisika siswa kelas 1 semester 1 SMU Al Islam 3 Surakarta tahun pelajaran 2003/2004 pada pokok bahasan Dinamika Gerak Lurus sub pokok bahasan Hukum Kedua Newton.

Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas 1 semester 1 SMU Al Islam 3 Surakarta tahun pelajaran 2003/2004 yang terdiri dari 2 kelas. Sampel yang diambil berjumlah 2 kelas yang terbagi menjadi 2 kelompok yaitu kelas 1.2 sebagai kelompok eksperimen dan kelas 1.1 sebagai kelompok kontrol. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik random sampling. Masing-masing kelompok berjumlah 35 siswa dan 38 siswa, sehingga jumlah sampel keseluruhan adalah 73 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi untuk kemampuan dasar matematika dan kemapuan awal siswa dan teknik tes untuk prestasi belajar Fisika. Analisis data yang digunakan adalah analisis variansi dua jalan dan uji pasca anava dengan metode Scheffe. Uji prasyarat analisis yang digunakan adalah uji normalitas dengan menggunakan uji Lilliefors dan uji homogenitas dengan menggunakan uji Bartlett.

Pada uji anava dua jalan (2×2) diperoleh harga FA = 89,245; FB = 4,548; dan FAB = 0,067. Harga Ftabel pada taraf signifikansi 5% dengan dkA= dkB = dkAB = 1 dan derajat kebebasan galat (error) = 69 atau F(0,05;1,69) diperoleh harga 3,98.

Kesimpulan penelitian ini adalah: (1) Ada perbedaan pengaruh antara kemampuan matematika dasar siswa kategori rendah dan kemampuan matematika dasar siswa kategori tinggi terhadap prestasi belajar Fisika siswa kelas 1 semester 1 SMU Al Islam 3 Surakarta tahun pelajaran 2003/2004 pada pokok bahasan Dinamika Gerak Lurus sub pokok bahasan Hukum Kedua Newton. (2) Ada perbedaan pengaruh antara pembelajaran menggunakan metode pengajaran terprogram tipe cabang dengan pembelajaran menggunakan metode pengajaran terprogram tipe linear terhadap prestasi belajar Fisika siswa kelas 1 semester 1 SMU Al Islam 3 Surakarta tahun pelajaran 2003/2004 pada pokok bahasan Dinamika Gerak Lurus sub pokok bahasan Hukum Kedua Newton. (3) Tidak ada interaksi pengaruh antara tingkat kemampuan matematika dasar siswa dan pembelajaran menggunakan metode pengajaran terprogram terhadap prestasi belajar Fisika siswa kelas 1 semester 1 SMU Al Islam 3 Surakarta tahun pelajaran 2003/2004 pada pokok bahasan Dinamika Gerak Lurus sub pokok bahasan Hukum Kedua Newton.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP