Penulis Utama : Uti Darmawati S.
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2004
Judul : Bahasa Pedagang Kaki Lima (PKL) Di Taman Wisata Candi Prambanan Yogyakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Universitas Sebelas Maret - 2004
Kolasi : 101 hal.:lamp.;
Sumber : UNS-Fak. Sastra NIM.C0299054-2004
Subyek : PEDAGANG KAKI LIMA-ASPEK BAHASA
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan judul Bahasa Pedagang Kaki Lima (PKL) di Taman Wisata Candi Prambanan Yogyakarta. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April sampai dengan Juli 2003. Tujuannya adalah mendeskripsikan bahasa Pedagang Kaki Lima di Taman Wisata Candi Prambanan yang meliputi bentuk ucapan, bentuk kata, kalimat, dan gaya bahasa, serta mengungkap faktor-faktor yang melatarbelakangi terjadinya pemakaian bahasa Pedagang Kaki Lima di Taman Wisata Candi Prambanan.

Pedagang Kaki Lima di Taman Wisata Candi Prambanan dipakai sebagai sumber data. Populasinya adalah semua tuturan Pedagang Kaki Lima di Taman Wisata Candi Prambanan. Penelitian ini mengambil tiga sampel yaitu tuturan Pedagang Kaki Lima Gerabah, Souvenir, dan Pakaian Batik. Data dari penelitian ini berwujud dialog antara Pedagang Kaki Lima dan pembeli baik lokal maupun mancanegara.

Analisis deskriptif diterapkan untuk memerikan atau memaparkan semua fenomena yang terjadi secara apa adanya seperti bentuk ucapan, bentuk kata, kalimat, gaya bahasa, dan faktor-faktor yang melatarbekangi penggunaan bahasa Pedagang Kaki Lima di Taman Wisata Candi Prambanan.

Dari hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa dalam bahasa Jawa pada bentuk ucapan, terdapat penanggalan-penanggalan fonem di awal dan di akhir kata, penanggalan suku kata, dan penghilangan serta penambahan fonem. Bentuk kata dalam bahasa Jawa hanya terdapat satu bentuk penggunaan afiks, pada bentuk kalimat bahasa Jawa yang digunakan PKL kurang memperhatikan kelengkapan struktur kalimat dan terdapat penggunaan partikel bahasa Jawa. Untuk gaya bahasa persuasif PKL, sering menggunakan kata-kata implisit seperti menonjolkan unsur-unsur tertentu, misalnya kualitas barang, harga barang, potongan harga, dan ukuran. Dalam bahasa Indonesia bentuk ucapannya terdapat penghilangan fonem awal suku kata, penanggalan serta penambahan fonem, dan pemakaian kata non-Indonesia. Untuk bentuk kata dalam bahasa Indonesia terdapat penggunaan afiks-afiks dari dialek Jawa dan Jakarta, pemakaian interjeksi dari dialek Jawa dan dialek Jakarta, serta pemakaian partikel dari dialek Jakarta. Bidang kalimat, bahasa Indonesia yang digunakan PKL, menggunakan bahasa sehari-hari, kurang memperhatikan struktur kalimat, untuk gaya bahasa persuasif yang digunakan PKL juga menonjolkan unsur-unsur tertentu seperti dalam bahasa Jawa.

Dalam bahasa Inggris, bentuk kalimat PKL kurang memperhatikan struktur kalimat, terdapat penghilangan to be, dan terdapat bentuk baur dengan bahsa Jawa dan Indonesia, gaya bahasa persuasifnya sama dengan bahasa Jawa dan Indonesia yang digunakan PKL. Adapun faktor-faktor yang melatarbelakangi pemakaian bahasa PKL di antaranya, faktor dari penutur, faktor situasional, faktor sosial, dan faktor budaya.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Kunardi Hardjoprawiro, M. Pd
2. Drs. Henry Yustanto, M. A.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis