Penulis Utama : Fitria Lailani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2005
Judul : Analisa kandungan teknologi pada industri mebel kayu berorientasi pasar lokal dengan menggunakan model teknometrik di kelurahan Kadipiro kecamatan Banjarsari Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Teknik - 2005
Kolasi : Hal. bervariasi.: ilus., lamp., tab.; 4 inc
Sumber : UNS-Fak. Teknik NIM. I0398017
Subyek : INDUSTRI KERAJINAN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

technology-based Industri kecil yang berorientasi pasar lokal memiliki kontribusi penting sebagai basis-basis keunggulan wilayah yang memerlukan perhatian lebih sebagai upaya meningkatkan daya saing wilayah. Industri- industri kecil mebel kayu di Kelurahan Kadipiro Banjarsari Surakarta status keberadaannya masih berupa industri kecil yang berdiri sendiri, belum terbentuk sebagai suatu sentra industri mebel kayu untuk wilayah Surakarta. Dari data Dinas Perindustrian Perdagangan dan Penanaman Modal Surakarta, industri kecil mebel kayu di Surakarta belum mampu menembus pasar ekspor Indonesia. Oleh karena itu perlu dilakukan suatu penelitian terhadap industri-industri kecil mebel kayu agar mampu menembus pasar ekspor Indonesia.

Pendekatan yang digunakan dari konsep pengembangan wilayah dewasa ini adalah konsep pengembangan wilayah berbasis teknologi (technology-based regional development). Langkah awal dalam menyusun strategi penciptaan keunggulan daya saing wilayah berdasarkan konsep regional development adalah dengan melakukan pengkajian/analisis terhadap kandungan teknologi yang dimiliki suatu wilayah pada level perusahaan atau industri. Konsep pengukuran yang digunakan untuk melakukan analisis kandungan teknologi pada industri mebel kayu yang berorientasi pasar lokal dalam penelitian ini adalah dengan menerapkan konsep pengukuran yang digunakan oleh United Nations-Economis and Social Commision for Asia and the Pacific (UN-ESCAP), yaitu model teknometrik. Model teknometrik bertujuan untuk mengukur kontribusi gabungan dari keempat komponen teknologi (technoware, humanware, infoware, orgaware), dalam suatu proses transformasi input menjadi output.

Hasil pengolahan data memberikan informasi bahwa perusahaan Dinar Jati mempunyai nilai koefisien kandungan teknologi (0.226) yang paling tinggi dibandingkan 3 perusahaan mebel kayu lainnya, yaitu mebel Radjiman (0.218), mebel Suratman (0.191) dan mebel Suyatno (0.145). Dari hasil analisis kandungan teknologi pada industri mebel kayu berorientasi pasar lokal, dilakukan analisis pembandingan terhadap hasil pengukuran kandungan teknologi pada industri mebel kayu yang berorientasi pasar ekspor oleh Damayanti (2005). Selanjutnya dilakukan analisis strategi penguatan posisi industri kecil mebel kayu berorientasi pasar lokal terhadap pangsa pasar ekspor.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik