Penulis Utama : Ike Puri D.J.
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2005
Judul : Potensi dan pengembangan obyek wisata alam ritual pantai Pandansimo di kabupaten Bantul
Edisi :
Imprint : Surakarta - FSSR - 2005
Kolasi : xii, 64 hal.: lamp.; 4 inc
Sumber : UNS-FSSR NIM. C9402038
Subyek : PARIWISATA, INDUSTRI
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Laporan Tugas Akhir ini berisi tentang hasil penelitian yang bertempat di obyek wisata Pantai Pandansimo di Kabupaten Bantul. Penulisan laporan ini bertujuan untuk mengetahui potensi-potensi obyek wisata Pantai Pandansimo, strategi pengembangan obyek wisata Pantai Pandansimo oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul, dan berbagai hambatan atau kendala yang dihadapi dalam upaya pengembangan tersebut

.

Sejalan dengan tujuan tersebut, maka penulisan laporan ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penulisan laporan ini adalah observasi di obyek wisata Pantai Pandansimo yang telah dipilih, dilanjutkan dengan wawancara kepada beberapa narasumber dan dokumentasi yang berupa data-data mengenai obyek yang diteliti.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa obyek wisata Pantai Pandansimo memiliki potensi yang sangat besar bagi kepariwisataan Kabupaten Bantul pada khususnya dan Indonesia pada umumnya. Usaha Diparta Kabupaten Bantul dalam mengembangkan obyek wisata Pantai Pandansimo ditekankan pada pembangunan fisik obyek wisata serta penambahan sarana dan prasarana di sekitar obyek wisata Pantai Pandansimo, yaitu antara lain: pembangunan area tempat parkir, perbaikan Tempat Pelelangan Ikan (TPI), fasilitas MCK, penginapan, pembangunan joglo tempat istirahat, dan pengadaan warung makan. Dalam upaya pengembangan obyek wisata Pantai Pandansimo ini, Diparta Kabupaten Bantul menemui beberapa kendala antara lain: keterbatasan dana pembangunan, keterbatasan sarana dan prasarana umum, sarana akomodasi yang kurang memadai, dan permasalahan sosial.

Dari data dan penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa obyek wisata Pantai Pandansimo sangat mendukung dalam peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor pariwisata di Kabupaten Bantul.

File Dokumen : Tidak ada file dalam dokumen ini.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Sastra dan Seni Rupa