Penulis Utama : Vita Elsih Widyati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2005
Judul : Kedudukan, tugas dan fungsi Badan perencanaan Daerah Kota Surakarta setelah berlakunya Undang-undang Nomor 32 tahun 2004, tentang pemerintah daerah.
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Hukum - 2005
Kolasi : xi, 84 hal.; ilus., lamp.: 4 inci.
Sumber : UNS-Fak. Hukum E.0001248.
Subyek : PEMERINTAH DAERAH,PERENCANAAN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kedudukan, tugas dan fungsi Badan Perencanaan Daerah (BAPEDA) Kota Surakarta setelah berlakunya Undang-undang Nomor 32 Tahun 2004 Tentang Pemerintahan Daerah di Kota Surakarta.

Penelitian ini bersifat deskriptif, dan dilihat dari tujuannya termasuk penelitian hukum empiris. Lokasi penelitiannya di kantor BAPEDA Kota Surakarta. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Sumber data yang digunakan melalui studi pustaka dan wawancara secara bebas terpimpin dengan berpedoman pada daftar pertanyaan yang disediakan dan untuk menganalisa data, penulis menggunakan analisis kualitatif model interaktif.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kedudukan, tugas dan fungsi BAPEDA Kota Surakarta berdasarkan pada Peraturan Daerah Kota Surakarta Nomor 6 Tahun 2001 tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja Perangkat Daerah Kota Surakarta, uraian tugas dan fungsi BAPEDA Kota Surakarta berdasarkan pada Keputusan Walikota Nomor 30 Tahun 2001 tentang Pedoman Uraian Tugas Badan Perencanaan Daerah Surakarta. BAPEDA Surakarta merupakan unsur pelakasana tugas tertentu yang dipimpin oleh seorang kepala yang berada dibawah dan bertanggungjawab kepada Walikota melalui Sekretaris Daerah. Tugas BAPEDA Surakarta menyelenggarakan pemerintahan di bidang perencanaan daerah Kota Surakarta. Dalam melaksanakan tugas, BAPEDA Surakarta mempunyai fungsi sebagai penyelenggaran sekretariat badan, penelitian dan pengembangan, perencana bidang ekonomi, perencana bidang sosial budaya, perencana bidang fisik dan prasarana, penyusunan dan pengendalian program, penyelenggaraan penyuluhan dan pembinaan jabatan fungsional.

Dalam melakukan perencanaan pembangunan kota Surakarta, berdasarkan Peraturan Walikota Surakarta Nomor 6 Tahun 2005 tentang Pedoman Penyelenggaraan dan Petunjuk Teknis Pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Kelurahan, Musyawarah Perencanaan Pembangunan Kecamatan, Forum SKPD dan Musyawarah Perencanaan pembangunan Kota, BAPEDA Surakarta mempunyai program PARCIPATORY PLANNING, yaitu suatu program perencanaan pembangunan dengan melibatkan aspirasi masyarakat yang diberi nama Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang).

Dalam menjalankan tugas dan fungsinya, BAPEDA Surakarta mempunyai hambatan-hambatan, yaitu kurangnya partisipasi masyarakat dalam kegiatan perencanaan pembangunan, keterbatasan dana untuk pembiayaan daerah dan koordinasi antar dinas dalam melakukan kegiatan perencanaan pembangunan belum optimal. Upaya-upaya untuk mengatasi hambatan-hambatan diatas antara lain, berupaya lebih lagi untuk mendorong partisipasi aktif masyarakat dalam kegiatan perencanaan pembangunan, mengembangkan potensi-potensi sumber pendapatan daerah dan lebih mengoptimalkan lagi koordinasi dengan dinas-dinas terkait dalam kegiatan perencanaan pembangunan.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum