Penulis Utama : Wulaningsih
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2005
Judul : Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan usaha pedagang pasar Klewer Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak.Ekonomi - 2005
Kolasi : xiv, 110hal.:ilus.,lamp.,tab.
Sumber : UNS-Fak.Ekonomi NIM.F.0101087
Subyek : MANAJEMEN PENJULAN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Masalah yang hendak dicari jawabannya dalam penelitian ini adalah apakah variabel-variabel total penjualan, modal kerja, lama usaha, jumlah tenaga kerja, umur, jumlah pelanggan tetap, tingkat pendidikan, letak kios, status persaingan, dan jenis kelamin pedagang mempengaruhi keberhasilan usaha pedagang Pasar Klewer Surakarta.

Sehubungan dengan masalah tersebut diajukan hipotesis sebagai berikut :

    1. Bahwa total penjualan, modal kerja, lama usaha, jumlah tenaga kerja, umur, jumlah pelanggan tetap, tingkat pendidikan, letak kios, status persaingan dan jenis kelamin berpengaruh signifikan terhadap keberhasilan usaha pedagang Pasar Klewer Surakarta.
    2. Faktor modal kerja diduga berpengaruh paling besar terhadap keberhasilan usaha pedagang Pasar Klewer Surakarta.

Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan metode survey. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pedagang Pasar Klewer Surakarta. Besarnya sampel ditentukan dengan rumus Slovin yaitu sebesar 100 responden. Jenis data dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Sejalan dengan masalah tersebut dan hipotesis penelitian maka penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan model regresi double log.

Hasil analisis menunjukkan bahwa berdasarkan uji t, maka variabel yang positif dan signifikan mempengaruhi keberhasilan usaha pedagang Pasar Klewer Surakarta pada derajat signifikansi 10 % yaitu total penjualan dengan nilai t sebesar 5,235 dan probabilitas 0,000, modal kerja dengan nilai t sebesar 3,227 dan probabilitas 0,002, dan lama usaha dengan nilai t sebesar 2,791 dan probabilitas 0,006. Sedangkan variabel yang negatif dan signifikan mempengaruhi keberhasilan usaha pedagang Pasar Klewer Surakarta pada derajat signifikansi 10 % yaitu jumlah tenaga kerja dengan nilai t sebesar -3,285 dan probabilitas 0,001, dan umur pedagang dengan nilai t sebesar -2,443 dan probabilitas 0,017. Sedangkan variabel jumlah pelanggan tetap, tingkat pendidikan, letak kios, status persaingan dan jenis kelamin adalah negatif dan tidak signifikan mempengaruhi keberhasilan usaha pedagang Pasar Klewer Surakarta. Berdasarkan perhitungan terhadap uji F, diperoleh nilai F hitung yaitu sebesar 20,470 dengan probabilitas 0,000, maka disimpulkan bahwa secara bersama-sama faktor total penjualan, modal kerja, lama usaha, jumlah tenaga kerja, umur, jumlah pelanggan tetap, tingkat pendidikan, letak kios, status persaingan, dan jenis kelamin mempunyai pengaruh yang signifikan/nyata terhadap keberhasilan usaha pedagang Pasar Klewer Surakarta pada tingkat signifikansi 10 %, hal ini berarti hipotesis pertama adalah terbukti kebenarannya. Berdasarkan nilai R-Square, diperoleh nilai Adjusted R-Square sebesar 0,684 atau 68,4 %, yang berarti bahwa 68,4 % variasi variabel keberhasilan usaha dapat dijelaskan oleh variasi variabel total penjualan, modal kerja, lama usaha, jumlah tenaga kerja, umur, jumlah pelanggan tetap, tingkat pendidikan, letak kios, status persaingan, dan jenis kelamin, sedangkan sisanya 31,6 % dijelaskan oleh variabel lain di luar model. Berdasarkan hasil regresi, nilai koefisien beta terbesar yaitu total penjualan, jadi hipotesis kedua tidak terbukti kebenarannya.

Berdasarkan temuan tersebut, maka diajukan beberapa saran yaitu agar para pedagang dapat mengupayakan untuk meningkatkan total penjualan melalui peningkatan kualitas dan promosi terhadap barang dagangan yang dijualnya, dan agar para pedagang menerapkan hutang dengan agunan melalui lembaga Penjaminan bagi para pelanggan yang mempunyai hutang kepada pedagang Pasar Klewer agar tidak terjadi macetnya arus modal, serta agar para pedagang dapat merapikan barang-barang dagangannya supaya tidak memenuhi jalan pasar.

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Sampul.doc
ABSTRAK.doc
File Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Endang Widowati
2. Bambang Supriyanto, SE
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis