Penulis Utama : Rahmad Agung Widodo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2003
Judul : Pengaruh Variasi Sudut Pembekokan Tulangan Terhadap Tegangan Lekat Beton
Edisi :
Imprint : Surakarta - Universitas Sebelas Maret - 2003
Kolasi : xvii, 60 hal.: lamp.;tab.;
Sumber : UNS-Fak. Teknik NIM.K1598037-2003
Subyek : BETON BERTULANG
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kekuatan lekat baja tulangan terhadap beton dengan variasi pembengkokan 00, 900, 1350, 1800.

Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Bahan dan Konstruksi

Fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret Surakarta dengan rincian

waktu mulai dari bulan Juni 2003 sampai dengan bulan Juli 2003.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif yang dilakukan secara eksperimen. Pengujian kuat lekat beton menggunakan cetakan silinder beton dengan ukuran tinggi 30 cm dan diameter 15 cm dengan menanamkan satu tulangan untuk tiap variasi sudut 00, 900, 1350dan 1800, dengan perbandingan campuran 1 PC : 2 Ps : 3 Kr. Dimana tiap-tiap variasi sudut dibuat sebanyak 8 buah benda uji sehingga jumlah seluruh benda uji 32 buah. Sedangkan teknik pengumpulan data diperoleh dari pemeriksaan bahan sampai pada pengujian kuat lekat baja tulangan terhadap beton. Setelah data didapat kemudian dianalisa dengan menggunakan persamaan regresi linear dengan cara menggunakan program komputer SPSS 10.0. dengan kuat lekat sebagai variabel terikat (Y) dan variasi sudut pembengkokan tulangan sebagai variabel bebas (X).

Dari hasil analisa koefisien regresi linear diperoleh harga a : 45,732 dan b : 0,179 sehingga didapat hasil dari persamaan regresi linear Y = 45,732 + 0,179 X. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kuat lekat maksimal didapat pada sudut pembengkokan tulangan 1800 yang menghasilkan kuat lekat rata-rata 79,618 kg/cm2. Hal ini membuktikan bahwa pembengkokan sudut tulangan sampai 1800 mempunyai pengaruh terhadap kuat lekat baja tulangan terhadap beton.

Sebagai implikasinya penambahan sudut pembengkokan tulangan 900, 1350dan 1800 terhadap beton dapat meningkatkan kuat lekat beton yang dihasilkan, sehingga beton yang dihasilkan lebih mampu menahan beban-beban yang harus ditanggungnya. Sebagai saran walaupun sudah diteliti mengenai kuat lekat dengan diameter 12 mm namun perlu diteli lebih lanjut mengenai tulangan polos yang lain. Karena tulangan polos sangat beragam ukuran serta kekuatanya, sehingga kita dapat mengetahui kekuatan tiap-tiap tulangan dan mengoptimalkan kekuatan baja tulangan tersebut. Kemudian kita sesuaikan dengan jenis pekerjaan yang akan direncanakan.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik