Penulis Utama : Ignatius Bayu Adi U.
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2005
Judul : Tinjauan tentang pelaksanaan perjanjian kartu kredit di standard chartered bank di Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Hukum - 2005
Kolasi : xi, 73 hal.: lamp.; 4 inc
Sumber : UNS-Fak. Hukum NIM. E0001156
Subyek : HUKUM PERJANJIAN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang pelaksanaan dari perjanjian kartu kredit temasuk di dalamnya tentang prosedur penerbitan dan hubungan hukum antara para pihak terutama antara pemegang kartu kredit dan pihak pihak penerbit yang dalam hal ini adalah Standard Chartered Bank, sebagai akibat adanya perjanjian penerbitan tersebut, serta permasalahan-permasalan yang dihadapi oleh para pihak di dalam pelaksanaan perjanjian kartu kredit Standard Chartred Bank beserta penyelesaiannya baik dari sudut pandang pemakai kartu kredit itu sendiri ataupun melalui sudut pandang Standard Chartered Bank melalui kebijakan-kebijakannya yang sebagai pihak penerbit kartu kredit.

Penelitian yang dilakukan penulis termasuk penelitian hukum empiris dengan jenis penelitian derkriptif dengan pendekatan kualitatif, karena penulis ingin memperoleh gambaran yang jelas mengenai keadaan atau gejala yang ada untuk berupaya memahami lebih cermat. Data yang digunakan adalah data primer melalui wawancara dengan Sales Manager Kartu Kredit Standard Chartered Bank, serta beberapa pemakai kartu kredit tersebut dan data sekunder yang diperoleh dari bahan pustaka yang relevan dengan masalah yang diteliti.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan bahwa pelaksanaan prosedur perjanjian penerbitan kartu kredit dimulai dengan pengisian blangko aplikasi beserta penyerahan berkas-berkas yang sudah dibakukan oleh Standard Chartered Bank cabang Surakarta, bila pemohon setuju dengan syarat maka akan menandatangani aplikasi tersebut. Sejak ia menandatangani blanko tersebut maka sejak itu ia sudah terikat perjanjian dengan pihak Standard Chartered Bank. Aplikasi tersebut akan dianalisis oleh pihak Standard Chartered Bank untuk dianalisis apakah pemohon tersebut berhak menjadi pemegang kartu kredit. Setelah disetujui, maka pihak Standard Chartered Bank akan memberikan kartu kredit beserta nomor PIN kepadanya untuk dapat digunakan melakukan transaksi jual beli maunpun pengambilan uang tunai. Hubungan hukum antara para pihak dalam kartu kredit terdiri dari dua perjanjian yaitu perjanjian penerbitan dan perjanjian pemakaian kartu kredit. Perjanjian penerbitan kartu kredit merupakan perjanjian pokok yang tertuang dalam perjanjian baku dan perjanjian pemakaian adalah perjanjian yang bersifat accesoir. Dalam pelaksanaannya timbul berbagai permasalahan yang merugikan pemegang maupun penerbit kartu kredit itu sendiri seperti misalnya penyalahgunaan kartu kredit, kartu kredit yang hilang, dan penipuan yang dilakukan oleh pemakai yang merugikan penerbit. Dalam cara penyelesaiannya pihak Standard Chartered Bank mengeluarkan berbagai kebijakan untuk mengatasinya seperti mengeluarkan Black list dan costumer service 24 jam. Sedangkan bagi pihak pemegang penyelesaiannya tergantung pada kesigapannya bertindak misalnya saat kehilangan kartu ia dapat langsung lapor ke pihak bank agar dapat memblokir kartu miliknya.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum