Penulis Utama : Rosyid Fahrurrozi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2005
Judul : Tinjauan tentang dasar pertimbangan hakim dalam menjatuhkan putusan perkara tindak pidana penganiayaan dalam keluarga (studi kasus di Pengadilan Negeri Sukoharjo)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Hukum - 2005
Kolasi : xi, 58 hal.; 4 inci
Sumber : UNS-Fak. Hukum NIM. E0001216
Subyek : TINDAK PIDANA PENGANIAYAAN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui lebih mendalam mengenai dasar-dasar pertimbangan yang ditetapkan hakim dalam menjatuhkan putusan perkara tindak pidana penganiayaan dalam keluarga setelah adanya Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2004 tentang Penghapusan Kekerasan Dalam Rumah Tangga serta kendala-kendala yang dihadapi hakim dalam menerapkan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2004 tentang Penghapusan Kekerasan Dalam Rumah Tangga sebagai dasar untuk menjatuhkan putusan perkara tindak pidana penganiayaan dalam keluarga di Pengadilan Negeri Sukoharjo.

Penelitian yang dilakukan penulis dalam rangka penulisan hukum ini termasuk kedalam jenis penelitian deskriptif, dan apabila dilihat dari tujuannya termasuk kedalam penelitian hukum yang bersifat empiris. Lokasi penelitian di Pengadilan Negeri Sukoharjo. Jenis data yang penulis pergunakan meliputi data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang dipergunakan yaitu melalui wawancara dan studi dokumen baik berupa buku-buku, peraturan perundang-undangan, dokumen-dokumen. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif dengan model analisis interaktif.

Berdasarkan penelitian yang telah penulis lakukan, menghasilkan beberapa kesimpulan, antara lain : (1) dasar pertimbangan yang dipergunakan hakim dalam menjatuhkan putusan perkara tindak pidana penganiayaan dalam keluarga setelah adanya Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2004 tentang Penghapusan Kekerasan Dalam Rumah Tangga adalah fakta-fakta hukum yang terbukti dalam persidangan serta adanya faktor yang meringankan terdakwa yang paling menentukan yaitu pemberian maaf dan upaya permohonan pencabutan gugatan dari saksi korban dan terdakwa tidak mempersulit jalannya persidangan dan faktor yang memberatkan terdakwa yaitu kekurang dewasaan tersangka dan korban serta penganiayaan tersebut dilakukan terhadap isteri terdakwa yang seharusnya dilindungi. (2) kendala-kendala yang dihadapi hakim dalam menerapkan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2004 tentang Penghapusan Kekerasan Dalam Rumah Tangga yaitu ketidak samaan persepsi dan sikap yang diambil aparat penegak hukum dalam memeriksa suatu perkara pidana dalam sistem peradilan pidana. Hal ini berkaitan dengan undang-undang mana yang akan diterapkan.

Implikasi teoritis penelitian ini adalah agar dapat diterapkannya Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2004 untuk memutus perkara penganiayaan dalam keluarga. Sedang implikasi praktisnya adalah hasil penelitian ini dapat dijadikan dasar aparat penegak hukum dalam memeriksa suatu perkara pidana.

Kata Kunci : Dasar pertimbangan hakim, putusan, kekerasan dalam rumah tangga

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Sastra dan Seni Rupa