Penulis Utama : Arif Sarifudin
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2005
Judul : Evaluasi efisiensi saluran distribusi barang jadi pada CV. Joesoev Art Wood Joesoev Artwood Digentan Sukoharjo
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi - 2005
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F0196672
Subyek : MANAJEMEN PEMASARAN
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Perkembangan perekonomiaan saat ini mendorong perusahaan untuk melakukan serangkaian usaha dibidang pemasaran. Terutama dalam penentuan saluran distribusi barang jadi. Pada saat ini CV. JOESOEV ART WOOD menggunakan 2 macam saluran distribusi, yaitu saluran distribusi langsung dan saluran distribusi tidak langsung. Selama ini belum pernah ada penelitian mengenai efisiensi saluran distrubusi yang digunakan CV. JOESOEV ART WOOD. Berdasarkan uraian tersebut permasalahan dari penelitian ini adalah : Saluran distribusi manakah yang lebih efisien antara saluran distribusi langsung dan saluran distribusi tidak langsung.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat efisiensi antara saluran distribusi lansung dan saluran distribusi tidak langsung terhadap volume penjualan barang jadi pada CV.JOESOEV ART WOOD.

Penelitian ini menggunakan metode Diskriptif yaitu menggambarkan dan menceritakan efisiensi distribusi barang jadi pada CV. JOESOV ART WOOD.

Untuk mengetahui saluran distribusi manakah yang paling efisien antara saluran distribusi langsung dan saluran distribusi tidak langsung digunakan analisa perbandinngan biaya distribusi terhadap volume penjualan pada masing-masing saluran distribusi yang digunakan pada CV. JOESOEV ART WOOD.

Dari analisa yang dilakukan dapat diperoleh hasil sebagaiu berikut

1 Pada saluran distribusi langsung secara rata-rata perbandingan biaya distribusi terhadap volume penjualan menunjukkan hasil 7,62% ( Rp. 62.325.000,- : Rp. 817.656.160,- ). Sedangkan pada saluran distribusi tidak langsung secara rata-rata perbandingan biaya distribusi terhadap volume penjualan sebesar 11,08% ( Rp. 5.756.708,33 : Rp. 50.925.565,4 ).

Jadi dapat disimpulkan, bahwa secara rata-rata saluran distribusi langsung lebih baik dibandingkan dengan saluran distribusi tidak langsung.

2 Selama tahun 2004 proporsi penggunaan biaya distribusi langsung yang paling rendah terjadi pada bulan April dengan prosentase sebesar 6,48%, sedangkan proporsi penggunaan biaya distribusi tertinggi pada bulan Agustus dengan prosentase sebesar 8,35%. Sedangkan untuk saluran distribusi tidak langsung proporsi penggunaan biaya distribusi yang paling rendah pada bulan April dengan prosentase sebesar 9,01%, sedangkan proporsi penggunaan biaya distribusi tertinggi pada bulan Januari dengan prosentase sebesar 12,68%.

Berdasarkan kesimpulan tersebut maka dapat dikemukakan saran sebagai berikut: CV. JOESOEV ART WOOD sebaiknya tetap menggunakan saluran distribusi langsung dan saluran distribusi tidak langsung, tetapi dalam penerapannya lebih diutamakan menggunakan saluran distribusi langsung, karena saluran distribusi langsung lebih efisien.

File Dokumen : Tidak ada file dalam dokumen ini.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Drs. Sunarjanto
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis