Penulis Utama : Pandu Meseno
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2005
Judul : Tinjauan perjanjian jual – beli pupuk organik antara konsumen dengan PT. Lembah Hijau di Sragen
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Hukum - 2005
Kolasi : ix, 66 hal.: lamp.; 4 inc
Sumber : UNS-Fak. Hukum NIM. E1100065
Subyek : HUKUM PERIKATAN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan penulisan hukum ini adalah untuk mengetahui proses pelaksanaan perjanjian jual beli pupuk organik, mengetahui hak dan kewajiban dari masing-masing pihak yang terlibat, dan mengetahui kendala-kendala dalam perjanjian jual-beli yang ditemui dan solusi PT. Lembah Hijau Multifarm sehingga kendala-kendala dapat diatasi.

Pendekatan dalam penelitian hukum ini adalah yuridis sosiologis dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif, yang bermaksud memberikan data yang seteliti mungkin tentang manusia, keadaan atau gejala-gejala lainnya. Untuk mengumpulkan data primer dan sekunder dipergunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan studi pustaka. Teknik analisis data menggunakan proses analisis kualitatif dengan model interaktif.

Hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) proses pelaksanaan Perjanjian Jual-Beli Pupuk Organik antara konsumen dan PT. Lembah Hijau Multifarm (LHM) terdiri dari: penandatanganan perjanjian jual-beli, pelaksanaan pemenuhan, dan berakhirnya perjanjian; (2) hak dan kewajiban pihak yang terlibat: (a) Hak dan kewajiban dari PT. Lembah Hijau Multifarm, adalah: wajib menyerahkan barang, nertanggung jawab dan menjamin kondisi dan kualitas, wajib memberikan pelatihan penggunaan teknis produk, dan berhak atas pembayaran barang secara tunai; (b) hak dan kewajiban pembeli, yaitu: wajib menyerahkan uang pembayaran, melindungi kepentingan pihak pertama, berhak atas barang yang telah dibeli, berhak atas penyerahan barang yang dibeli, dan berhak menuntut pada pihak pertama apabila barang yang dibeli tidak sesuai dengan kondisi; (3) kendala-kendala dalam Perjanjian Jual-Beli Pupuk Organik: (a) kendala memahami isi Perjanjian Jual-Beli Pupuk Organik pada Pasal 7 ayat (2) huruf c dengan solusinya memberi penjelasan sebelum para petani melakukan pembelian pupuk organik dan menandatangani Perjanjian Jual-Beli, (b) kendala pada bahan pembuatan pupuk dengan solusinya mendatangkan bahan baku kotoran sapi dari luar daerah dan mencari bahan baku alternatif pengganti bahan konvensional yang memiliki kualitas sama dengan kotoran sapi.

Dari hasil penelitian ini diharpkan PT. Lembah Hijau Multifarm (LHM) untuk mengkaji ulang kembali isi dan pasal-pasal dalam Perjanjian Jual-Beli, terutama dalam hal pembayaran dan kewajiban dari para pihak. Isi pasal pembayaran harus dicantumkan secara jelas sistem pembayaran, besar dan waktu pembayaran sehingga kerugian yang mungkin terjadi dapat dihindarkan dan Pasal yang memuat kewajiban dijadikan dalam satu Pasal sehingga mudah dipahami dan tidak merugikan konsumen.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum