Penulis Utama : Septriana Tari P.
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2005
Judul : Pengaruh kualitas pelayanan program khusus sekolah dasar terhadap kepuasan orang tua/wali murid pada sekolah dasar unggulan di Yogyakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak.Ekonomi - 2005
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak.Ekonomi NIM F0200011
Subyek : PERILAKU KONSUMEN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini ingin membahas permasalahan tentang pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan orang tua/wali murid dalam bidang pendidikan. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh kualitas pelayanan program khusus sekolah dasar yang meliputi dimensi keandalan (reliability), ketanggapan (responsiveness), jaminan/kepastian (assurances), pemahaman (emphaty), dan berwujud (tangibles) terhadap kepuasan orang tua/wali murid.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan orang tua/wali murid dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dimensi kualitas pelayanan program khusus sekolah dasar yang meliputi dimensi keandalan (reliability), ketanggapan (responsiveness), jaminan/kepastian (assurances), pemahaman (emphaty), dan berwujud (tangibles) terhadap kepuasan orang tua/wali murid.

Hipotesis pertama (H1) adalah kualitas pelayanan program khusus sekolah dasar yang meliputi keandalan (reliability), ketanggapan (responsiveness), jaminan/kepastian (assurances), pemahaman (emphaty), dan berwujud (tangibles) belum memuaskan orang tua/wali murid SD Negeri Ungaran 1. Hipotesis kedua (H2) adalah kualitas pelayanan program khusus secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kepuasan orang tua/wali murid SD Negeri Ungaran 1. Hipotesis ketiga (H3) adalah kualitas pelayanan program khusus secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan orang tua/wali murid SD Negeri Ungaran 1. Hipotesis keempat adalah dimensi keandalan (reliability) merupakan dimensi yang paling dominan berpengaruh terhadap kepuasan orang tua/wali murid.

Penelitian ini menggunakan teknik sampling berupa simple random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 70 orang.

Untuk mengolah data yang telah diperoleh guna menguji hipotesis maka digunakan program SPSS 10.00. Hasil pengolahan data menunjukkan persamaan regresi sebagai berikut : Y = -0,377 + 6,071 X1 + 3,902 X2 + 4,311 X3 + 4,803 X4 + 3,484 X5. Adapun nilai thitung untuk masing-masing variabel adalah : variabel keandalan (X1) sebesar 12,686; variabel ketanggapan (X2) sebesar 7,716; variabel jaminan (X3) sebesar 7,502; variabel pemahaman (X4) sebesar; 10,438 dan variabel berwujud (X5) sebesar 11,068. Nilai Fhitung sebesar 762,653. Untuk menghitung tingkat kepuasan orang tua/wali murid digunakan analisis tingkat kepuasan. Dari analisis ini diperoleh hasil sebesar 2.306.

Berdasarkan hasil analisis regresi dan analisis tingkat kepuasan konsumen dapat disimpulkan bahwa untuk hipotesis pertama ditolak karena ternyata orang tua/wali murid telah puas dengan kualitas pelayanan yang diberikan oleh SD Negeri Ungaran 1. Dari nilai Fhitung dapat diketahui juga bahwa ternyata nilai Fhitung > daripada nilai Ftabel (2,37). Sehingga hipotesis kedua (H2) diterima. Berdasarkan nilai thitung yang telah diperoleh ternyata nilai thitung untuk masing-masing variabel lebih besar dari nilai ttabel (1,99) dan tingkat signifikansinya kurang dari 5%. Sehingga hipotesis ketiga (H3) diterima. Dari nilai thitung ternyata variabel keandalan (X1) memiliki nilai thitung yang paling besar (12,686). Sehingga hipotesis keempat (H4) diterima.

Nilai koefisien determinasi () yang telah diperoleh sebesar 0,982. Sehingga dapat disimpulkan bahwa tingkat kepuasan orang tua/wali murid dipengaruhi oleh seluruh variabel independen dalam penelitian sebesar 98,2%. Sedangkan sisanya sebesar 1,8% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak masuk dalam model persamaan dalam penelitian ini.

Berdasarkan kesimpulan yang telah diperoleh, maka penelitian ini mengajukan saran antara lain dalam dimensi keandalan (reliability) sekolah harus tetap melaksanakan program khususnya berupa penambahan materi pelajaran bahasa Inggris, seni tari, dan ketrampilan khusus serta berusaha untuk membuka program percepatan studi (akselerasi). Untuk dimensi berwujud (tangibles) sekolah sebisa mungkin untuk menambah gedung baru yang antara lain mendirikan laboratorium bahasa. Untuk dimensi pemahaman (emphaty) antara lain guru dan karyawan sebaiknya lebih bersikap simpatik dan perhatian dalam menghadapi masalah yang dimiliki oleh siswa atau orang tua/wali murid. Untuk dimensi ketanggapan (responsiveness) antara lain sekolah dalam meberikan pelayanan tidak berbelit-belit dan guru dan karyawan mudah ditemui. Untuk dimensi kepastian (assurances) antara lain berupa penyediaan/penambahan guru yang ahli dibidangnya agar belajar lebih efektif.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis