Penulis Utama : Agung Triono
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2005
Judul : Persepsi pemakai laporan keuangan auditor, akuntan pendidik, dan mahasiswa akuntan terhadap expectation gap (dalam isu aturan dan batasan pada kantor Akuntan Publik kepada siapa siapa auditor bertanggung jawab dan atribut kerja auditor)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak.Ekonomi - 2005
Kolasi : xiii, 84 hal.: ilus.;lamp.;tab.
Sumber : UNS-Fak.Ekonomi NIM F0301012
Subyek : AUDITING
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan persepsi di antara pemakai laporan keuangan, auditor, akuntan pendidik, dan mahasiswa akuntansi terhadap expectation gap dalam isu aturan dan batasan pada kantor akuntan publik, kepada siapa auditor bertanggung jawab, dan atribut kinerja auditor.

Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode mail survey terhadap empat kelompok responden, yaitu pemakai laporan keuangan, auditor, akuntan pendidik, dan mahasiswa akuntansi yang berdomisili di Solo, Yogya, Semarang, dan Purwakarta. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode convenience sampling. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data primer yaitu melalui survei kuesioner yang telah disebarkan secara langsung kepada responden atau dengan pengiriman kuesioner lewat pos. Persepsi responden diukur dari jawaban kuesioner yang menggunakan ukuran interval dengan skala likert tujuh poin. Data penelitian terlebih dahulu diuji validitasnya dengan menggunakan metode Pearson Product Moment, reliabilitasnya dengan metode Cronbach’s Alpha, dan normalitasnya dengan menggunakan metode Kolmogrov Smirnov. Alat uji yang digunakan untuk pengujian hipotesis adalah alat uji yang dapat mengidentifikasi ada tidaknya perbedaan rata-rata antara empat sampel yang saling independen terhadap suatu variabel. Analisis varians (one-way ANOVA) sebagai alat uji statistik parametik digunakan apabila data terdistribusi normal. Untuk data yang sebarannya tidak normal, dapat digunakan Kruskal Wallis sebagai alat uji statistik non-parametik.

Hasil penelitian menunjukkan nilai signifikansi hasil uji Kruskal Wallis untuk isu kepada siapa auditor bertanggung jawab sebesar 0,975 dan untuk isu atribut kinerja auditor sebesar 0,032. nilai signifikansi hasil uji one way ANOVA untuk isu aturan dan batasan pada kantor akuntan publik sebesar 0,176. Hasil tersebut menunjukkan bahwa untuk isu aturan dan batasan pada kantor akuntan publik di antara keempat kelompok responden tidak menunjukkan perbedaan persepsi yang signifikan, untuk isu kepada siapa auditor bertanggung jawab keempat kelompok responden juga tidak menunjukkan perbedaan persepsi yang signifikan, dan untuk isu atribut kinerja auditor di antara keempat kelompok responden terdapat perbedaan persepsi yang signifikan.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Drs. Jaka Winarna, Msi, Ak
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis