Penulis Utama : Dwi Hastuti W.
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2005
Judul : Implementasi sanksi pidana oleh Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Pusat dalam kasus majalah Tempo
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak.Hukum - 2005
Kolasi : ix, 115 hal.: lamp.
Sumber : UNS-Fak.Hukum NIM E0001110
Subyek : HUKUM PIDANA
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana putusan hakim Pengadilan Negeri Jakarta Pusat dalam kasus Tomy Winata dengan majalah Tempo dan untuk untuk mengetahui apa yang menjadi dasar pertimbangan hakim Pengadilan Negeri Jakarta Pusat dalam mengadili kasus pencemaran nama baik yang dilakukan Majalah Tempo terhadap Tomy Winata.

Penelitian ini termasuk penelitian hukum empiris yang bersifat deskriptif, dengan mengambil lokasi di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Dewan Pers, Perpustakaan Universitas Sebelas Maret. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan data primer dan sekunder yang berupa berkas putusan Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Pusat No. No. 1426/Pid.B/2003/PNJKT.PST dan data lain yang diperoleh melalui studi kepustakaan. Sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik analisis data yang digunakan adalah pendekatan dengan model interaktif.

Majelis hakim memutus Perkara Nomor 1426/Pid.B/2003/PNJKT.PST dengan terdakwa Bambang Harymurti dengan menyatakan terdakwa telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana menyiarkan suatu berita atau pemberitaan bohong, dengan sengaja menerbitkan keonaran dikalangan rakyat secara bersama-sama.

Majelis hakim menjatuhkan pidana terhadap terdakwa Bambang Harymurti tersebut dengan pidana penjara 1 tahun penjara. Serta menetapkan agar terdakwa membayar biaya perkara sebesar Rp. 5.000,00. dalam hal ini majelis hakim telah mengimplemetasikan sanksi pidana terhadap terdakwa.

Majelis hakim dalam memutus perkara menggunakan pertimbangan-pertimbangan yang terdapat putusan khususnya mengenai pertimbangan majelis hakim dalam mengambil putusan. Pertimbangan hakim dalam mengambil putusan tersebut menjadi dasar pemidanaan terhadap terdakwa Bambang Harymurti.

Implikasi teoritis penelitian ini adalah untuk menambah wacana mengenai kasus yang sama maupun serupa. Implikasi praktis adalah Hasil penelitian ini diharapkan dapat membantu dan memberi masukan serta tambahan pengetahuan dan penahaman mengenai penyelesaian kasus pencemaran nama baik yang dilakukan oleh Majalah Tempo terhadap Tomy Winata.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. ISMUNARNO, S.H. M.Hum
2. ROFIKAH, S.H. M.H.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum